Foto ResepAyam Masak Habang

Ayam Masak Habang

Daging

Resep Ayam Masak Habang yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Ayam Masak Habang terdiri dari 13 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Ayam Masak Habang ini pun mudah, hanya dengan 5 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Ayam Masak Habang. #231, Ahad/ 20 November 2020 Ayam masak habang khas Banjar bisa diibaratkan sebagai balado manis dari pulau Borneo. Ayam dimasak dalam bumbu yang berwarna merah pekat yang berasal dari campuran cabai dan gula. Bumbu habang alias bumbu merah merupakan bumbu yang umum digunakan untuk berbagai masakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dibandingkan dengan bumbu balado pada umumnya, bumbu habang menggunakan cabai merah besar yang telah dikeringkan. (Info dari mbah gugel) Tapi dlm resep sy ini, cabe kering yg dipake berasal dari cabe merah kriting. Karena itu yg ada di pasaran. Btw, penghuni rumahku menyukainya. Terimakasih mbak Widji🙏 Source : Widjie Astuti - Samarinda https://cookpad.com/id/resep/13740657-ayam-masak-habang?invite_token=y6noWp6T4o1ZKVZU6Nc5m2Wc&shared_at=1605880233 #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #cookpad_id #Basidoncek #Babako_KaBorneo

BAHAN-BAHAN

  • 1 ekor ayam (900g), potong2
  • 4 cm kayu manis
  • 2 cm jahe, digeprek
  • 1 sdm kecap manis
  • 50 g gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  • Secukupnya garam
  • ✅Bumbu yang dihaluskan :
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah kriting kering (direbus dulu biar lunak)
  • 1 sdt terasi
  • Secukupnya minyak utk menggoreng

CARA MEMASAK

  • Ayam dimarinasi dulu dg air perasan jeruk nipis (1 buah) dan 1 sdt garam. Cuci bersih kembali dan tiriskan. Panaskan minyak, masukkan 1 sdt garam tujuannya agar minyak tdk galak, lalu masukkan ayam dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
    Cara Membuat Ayam Masak Habang Cara Membuat Ayam Masak Habang
  • Siapkan bumbu. Cabe kering sdh direbus dulu, haluskan bersama duo bawang dan terasi.
    Cara Membuat Ayam Masak Habang
  • Panaskan 5 sdm minyak bekas menggoreng tadi. Tumis bumbu yg dihaluskan bersama jahe dan kayu manis. Masak hingga harum. Tambahkan 100 ml air. Biarkan mendidih.
    Cara Membuat Ayam Masak Habang Cara Membuat Ayam Masak Habang
  • Setelah mendidih, masukkan ayam goreng, garam, gula merah, air asam dan kecap. Adukrata. Masak hingga bumbu meresap kedlm ayam. Cek rasa. Matikan kompor.
    Cara Membuat Ayam Masak Habang Cara Membuat Ayam Masak Habang Cara Membuat Ayam Masak Habang
  • Sajikan. Klo di Banjar, ayam habang ini jd lauk teman nasi kuning.
    Cara Membuat Ayam Masak Habang

ANEKA RESEP TERBARU

Resep Ayam Masak Habang Khas Kalimantan Selatan Ayam Masak Habang Kalimantan Ayam Masak Habang Recipe Bumbu Ayam Masak Habang Khas Banjar Resepi Ayam Masak Habang Pisang Bakar Coklat Keju Kue Bongko Pisang Ayam Masak Habang Jtt Ayam Masak Habang Ayam Masak Habang Khas Kalimantan Selatan Timun Acar Kuning Molen Mini Mille Crepes Oreo Roti Gluten Free Ayam Masak Habang Adalah Sambal Roa Ikan Tongkol Sop Buah Susu Kental Manis Cookies Coklat Simple Olahan Cumi Asin Ayam Masak Habang Diolah Dengan Teknik

RESEP Daging MENARIK LAINNYA

Soto Ayam Warisan Ibu

Soto Ayam Warisan Ibu

Resep Soto Ayam Warisan Ibu. Minggu ini Coboy waktunya NGACO bareng Bu Winna, kali ini kita membahas tentang persotoan Jatim Kalo di jatim yang banyak dijual di pinggir" jalan pasti Soto Ayam Lamongan ya 😅 padahal soto ada banyak loh jenisnya hampir setiap daerah pasti mempunyai ciri khas tentang Soto, ada yg kuahnya bening, ada yg pakai santan, ada yg kuahnya pekat dll. Dari pembahasan persotoan aku jadi tau ternyata resep yg diberikan Almh ibu dulu adalah resep perbaduan antara Soto Ayam Lamongan dan Soto Ayam Surabaya, kenapa begitu? Iya karena komposisi bumbunya perpaduan dari soto Lamongan dan soto Surabaya yaitu menggunakan rempah kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, merica, dan jintan dan kuahnya juga tidak terlalu pekat juga tidak bening. Isian nya juga bisa dipadupadankan bisa menggunakan bubuk koya atau keripik kentang. Untuk kuah kaldu ayamnya ibu selalu menambahkan kepala ayam ketika membuat soto dan dibiakan dimasak didalam kuah soto tersebut, jadi ketika akan makan si kepala ini selalu jadi rebutan karena bumbu soto meresap sampai kedalam Setiap aku masak soto aku jadi selalu ingat saat" terakhir ibu waktu sakit sudah kronis, ibu sering minta dibuatkan soto dengan kepala ayam Semoga resep ini bisa bermanfaat ya Bu, dan bisa menjadi amal untuk Ibu 🙏 Aku kangen ibu, bahagia selalu di surganya Allah ya Bu 🤗 Dan terima kasih untuk Bu Winna atas ilmunya 🙏 Inspirasi: Pawon Winna #CoboyNgaco #CoboyWani #NgobrolBareng_Winna #PekanPosbarSoto #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Sidoarjo
Daging Lihat Resep
Bistik Ayam

Bistik Ayam

Resep Bistik ayam.
Daging Lihat Resep
Kuah Kaldu Ayam Untuk Isian Dumpling Xiao Long Bao

Kuah Kaldu Ayam Untuk Isian Dumpling Xiao Long Bao

Resep Kuah Kaldu Ayam Untuk isian Dumpling Xiao Long Bao. Resep membuat kuah kaldu ayam untuk isian dumping Xiao Long Bao. Resep ini dr mbak Lila. https://cookpad.com/id/resep/14643349-kaldu-ayam-untuk-isian-dumpling?invite_token=hgtGgTtwJnFYgP8LJLoYskDZ&shared_at=1614492238 Sengaja di pisah gni, biar nggak pusing baca resep yg kaya cerpen 😅🙈 #Beres_XiaoLongBao #BeresCloverFeb2021 #cookpadcommunity_solo #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglovers #pekanrayaayam #ayamberendam  #klangenan jajan_solo #cookingbakinghunters #huntersinaction #pejuangGoldenApron3 #lihairecook6_solo
Daging Lihat Resep
Lemper Abon Sapi

Lemper Abon Sapi

Resep Lemper Abon Sapi. #GA3-08 Menu ini identik dengan zaman nenek kita ya... Jadi kangen sama eyang putri yg suka tersenyum, memasak dengan sepenuh hatinya asal cucunya senang... Pas banget buat cemilan sore ini disaat hujan... Beliau tuh, suka banget teh seduh yg disaring, 🥃🥃🥃 dah jarang kita pake yg beginian ya... Tapi urusan rasa tetap juara deh 👍🏻 Hmm.... Jadi sedihhhh.....😞🥺😢
Daging Lihat Resep
Ayam Panggang Saus Barbeque Menu Sehat Diet

Ayam Panggang Saus Barbeque Menu Sehat Diet

Resep Ayam Panggang Saus Barbeque: menu sehat/diet. Ga berasa hr ke-10 makan sehat. Kali ini liat saos barbeque di kulkas, jadinya langsung marinated dada ayam dech.
Daging Lihat Resep
Buntut Bakar Madu Simple

Buntut Bakar Madu Simple

Resep Buntut bakar madu simple. Enak
Daging Lihat Resep