Foto ResepAyam Semur

Ayam Semur

Daging

Resep Ayam Semur yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Ayam Semur terdiri dari 20 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Ayam Semur ini pun mudah, hanya dengan 7 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Ayam Semur. Lagi pengen makan ayam semur. Tapi karena suami dan anak² kurang suka dengan kecap, jadi sebelum bikin saya minta persetujuan mereka dulu 🤭. Akhirnya pada mau, tapi dengan catatan......ngga terlalu manis, dan ngga kecap banget rasa nya 😅. Soalnya pernah beli....semurnya itu dominan sekali rasa kecap nya, seperti ngga pakai bumbu² lainnya. Mungkin yang dibeli itu yaa memang ayam bumbu kecap ya ☺️. Baiklaah..... coba ikutin permintaan para kesayangan. Dan saya coba bikin ini. Terus tanya semua gimana rasanya.....cocok katanya....passs.... ngga terlalu manis....ngga rasa kecap banget 😁. Alhamdulillaah....cocok dengan lidah para kesayangan di rumah. Yuk, langsung ke resep nya 🤗🙏. #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Bandung #MenuHarianSederhana_AyamSemur #KreasiDapurSaya

BAHAN-BAHAN

  • 1 kg ayam (8 potong)
  • 1 buah jeruk nipis / lemon kecil
  • 1 1/2 sdt garam (secukupnya)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 sdt gula pasir (secukupnya)
  • 4 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos tiram
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 jempol lengkuas, geprek
  • Secukupnya minyak untuk menumis bumbu
  • 400 ml Air
  • ✓ Bumbu Halus :
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1/4 sdt pala
  • 5 buah kemiri, goreng/sangrai
  • 1/2 jempol jahe

CARA MEMASAK

  • Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis. Cuci kembali sampai bersih. Tiriskan. Marinasi ayam selama 15 menit dengan kaldu bubuk dan merica bubuk secukupnya. Lalu goreng ayam ½ matang. Sisihkan.
    Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur
  • Siapkan semua bumbu. Ulek/Blender bumbu halusnya.
    Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur
  • Siapkan wajan untuk memasak. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas sampai harum dan agak mengering. Masukan ayam, aduk rata sampai ayam terlumuri bumbu. Masak sampai ayam berubah warna.
    Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur
  • Lalu masukkan air. Beri garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Aduk rata lagi. Ungkep ayam sampai ayam empuk dan kuah menyusut ½ nya. Kemudian tambahkan kecap dan saos tiram. Aduk rata. Masak kembali sampai ayam betul² empuk dan kuah mengental. (Jika dirasa ayam masih kurang empuk, boleh tambahkan lg air, dan masak lagi sampai mengental).
    Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur
  • Setelah kuah mengental, cicipi dan koreksi rasa. Matikan api.
    Cara Membuat Ayam Semur Cara Membuat Ayam Semur
  • Ayam Semur siap dihidangkan 🤩.
    Cara Membuat Ayam Semur
  • Selamat mencobaaa 🤗🥰.

ANEKA RESEP TERBARU

Sponge Cake Pisang Ayam Semur Berapa Kalori Ayam Semur Kuning Ayam Semur Pedas Nasi Ayam Cina Ayam Semur Kentang Garang Asem Solo Ayam Semur Resep Agar Agar Jagung Manis Nastar Keju 1 Kg Tepung Ayam Semur Jawa Ayam Semur Asam Manis Ikan Asin Chia Pudding Ayam Semur Kecap Ayam Semur Bali Ayam Semur Aceh Ayam Bawang Bombay Bakso Ayam Sapi Kenyal Paha Ayam Donat

RESEP Daging MENARIK LAINNYA

Ayam Suwir Cabe Hijau

Ayam Suwir Cabe Hijau

Resep Ayam Suwir Cabe Hijau. inspirasi Mbak Hertati Tati
Daging Lihat Resep
Ceker Ayam Rica Rica

Ceker Ayam Rica Rica

Resep Ceker Ayam Rica Rica. Ngak tau kenapa tiba-tiba lagi kepengen makan ceker yang pedes . Dan akhir nya saya belanja ke pasar beli ayam 1 kg dan 5 rb ceker nya aja. Pas kebetulan lagi ada #BelanjaIdeDiPasarCookpad dan saya memilih daging ayam negeri ,Dengan bumbu rempah2 yang ada di kulkas. Saya akan mengolah ayam rica2 khas manado dengan tambahan ceker ayam. Dan dengan iseng nya ngak tau kenapa saya tiba2 buka resep cookpad dari resep bunda susan mellyani cocok dengan resep nya pas juga di lidah 😁. #PejuangGoldenApron3 #BelanjaIdeDiPasarCookpad #sutilcookpad #cookpadindonesia
Daging Lihat Resep
Kulit Ayam Crespy

Kulit Ayam Crespy

Resep Kulit Ayam Crespy. Bismillah, Sejujurnya dari semenjak saya kecil ibu sy jika memasak ayam broiler diapapun olahanya sudah pasti kulitnya dibuang, beliau punya alasan sendiri yg intinya kulit ayam tdk sehat utk dikonsumsi, kecuali kulit ayam kampung itu pun jarang sekali ketemu hehehe.. Qodarollah sampai saya dewasa melekat hal tersebut, misal sy makan ayam di kfc kulitnya pasti sy singkirkan juga, daannn sudah pasti banyak teman yg tag utk minta kulitnya hahaha Beda dgn 4 anak saya dan paksu penggemar si kulit ayam yg kriuk kriuk..😍 dengan senang hati sy memasak si kulit utk mereka😗😋 Source ummu #Dapur mom Era yg saya buat sangat sederhana dan simple juga murmer👍 #MasakSetiapBagian #Pekan#2 Oktober #CookpadCommunity_Depok
Daging Lihat Resep
Semur Ayam Betawi

Semur Ayam Betawi

Resep Semur Ayam Betawi. Pada acara-acara spesial masyarakat Betawi, seperti lebaran, semur identik disajikan bersama ketupat sayur godok, sambal goreng ati, dan rendang. Ciri khas yang dimiliki semur terutama pada aromanya. Semur Betawi memang kaya rempah seperti cengkeh, kayu manis, salam, jahe, jinten, merica, dan bunga pala. Trus kenikmatan Semur Betawi juga terletak pada rasa legit dan kuah kentalnya. Inspirasi dari mbak Farhah (lagiii.. 😁) Masih menyemarakan tema nya mbak Desi Clover. #KangenEnyakBabe #Semarak_KangenEnyakBabe #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bogor #ComboAnjangsana_KhasBetawi #dapurbundalila #GA_TheNextChallenge
Daging Lihat Resep
Sup Jagung Ayam

Sup Jagung Ayam

Resep Sup jagung ayam. Pertama kali bikin
Daging Lihat Resep
Chicken Chow Mein

Chicken Chow Mein

Resep Chicken Chow Mein. Banyak ragam cara mengolah mie. Saya tertarik sama resepnya Aisha Gabriela. Sekilas kayak mie goreng akan tetapi di resep ini yang populair adalah saus bumbu chow mein nya campuran rasa asin dan manis. Dari resep tersebut ada beberapa bumbu dan sayur yang saya tidak punya makanya diganti trus saya ada udang ya tambahin saja. Overall enak banget, saya pakai mie homemade. Makan banyak juga terasa nyaman aja, biasanya setiap makan mie, lambung ga enak kayak bengah. Mungkinkah karena mienya dibikin dari tepung protein sedang atau tanpa air apu/kapur sirih atau tanpa baking soda? Entahlah😀. Mienya kokoh waktu digoreng diaduk-aduk ga ada yang patah. Tambah lagi ah bener yummy😋. GA_TheNextLevel #PekanRayaMie #PekanPosbarMie #KenalanLewatRecook #BandungSilihAsaan_NgolahEmih #CookpadCommunity_Bandung #ChickenChowMein #ResepGiacinta
Daging Lihat Resep