Foto ResepBulayak Lontong Khas Lombok

Bulayak Lontong Khas Lombok

Nasi

Resep Bulayak Lontong Khas Lombok yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Bulayak Lontong Khas Lombok terdiri dari 9 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Bulayak Lontong Khas Lombok ini pun mudah, hanya dengan 5 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Bulayak (Lontong Khas Lombok). Lontong khas dari Pulau Lombok, gampang ditemui di sekitar Pantai Senggigi atau warung yang menjual Sate, karena memang sebagai pasangan soulmate-nya Sate Bulayak. Bulayak adalah lontong yang dibuat dengan bungkus lilitan daun aren atau enau. Daun dililit secara spiral. Tujuannya, agar saat dibuka, bulayak akan terbuka secara memutar sehingga mudah menyantapnya. Ukuran bulayak lebih kecil ketimbang lontong biasa (by. merahputih.com) Karena aslinya dibungkus dengan daun aren, dan karena di Modena ga ada, lagi-lagi saya akalin dengan daun andalan saya yaitu Daun Bambu hehe... Untuk beras saya modif ditambah beras ketan biar agak terasa pulen (bahan asli hanya beras aja ya). #Bulayak #LontongKhasLombok #KulinerLombok #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #Carolina

BAHAN-BAHAN

  • 100 gr beras, cuci bersih
  • 50 gr beras ketan putih, cuci bersih
  • Daun bambu, pastikan tidak kering. Jika kering, rendam dulu
  • Gunting
  • Tali rafia/benang
  • Staples
  • Air untuk merebus
  • Pendamping sajian :
  • Sate Bulayak (lihat resep)

CARA MEMASAK

  • Cuci tangan dan berdoa. Siapkan bahan. Potong daun bambu pas di tulangnya (tulang daun aren sebenarnya dipakai untuk mengikat). Rapikan ujung daun sehingga mirip pita.
    Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok
  • Gulung ujungnya, rekatkan dengan staples. Lalu, mulai gulung sampai menyerupai pipa kecil. Pastikan gulungan rapat. Staples lagi ujung akhirnya.
    Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok
  • Lipat 1 ujung bulayak sebagai dasar, lalu beri beras, lipat lagi ujung yg atas. Kemudian ditali seperti tali bungkus kado (pastikan tali rapat ya agar tidak ambrol).
    Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok
  • Rebus air sampai mendidih betul, masukkan bulayak, masak sekitar 5 menit. Lqlu tutup rapat, biarkan 30menit. Masak kembali selama 7 menit. Biarkan dalam panci sampai hangat atau dingin.
    Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok
  • Jadi deh.... rasa berasnya pulen, unik juga, siap dinikmati dengan Satenya.
    Cara Membuat Bulayak Lontong Khas Lombok

ANEKA RESEP TERBARU

Pecel Terong Bumbu Kemiri Dendeng Ayam Asam Padeh Ikan Patin Tumis Buncis Ala Catering Yogurt Buah Pisang Kipas Bakso Bakar Bumbu Kacang Steak Daging Buntut Sapi Kue Pancong Teflon

RESEP Nasi MENARIK LAINNYA

Lontong Polos

Lontong Polos

Resep Lontong polos. Teman makan sate atau sayur godog juga opor ayam😋praktis mudah dibuatnya😍 Biasa males bikin kalau sedikit karena membutuhkan waktu yang lama. Yuk dicoba🥰 #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #TiketMasukGoldenApron3
Nasi Lihat Resep
Nasi Goreng Kuning

Nasi Goreng Kuning

Resep Nasi goreng kuning.
Nasi Lihat Resep
Tumpeng Mini Bunga Telang

Tumpeng Mini Bunga Telang

Resep Tumpeng Mini Bunga Telang. Source : Josephine Octora (Wanda) Assalamualaikum, kemarin suami ulang tahun. Kali ini dibikinin tumpeng warna lain karena stok bunga telang dikebun sedang berlimpah. Terima kasih mbak wanda resepnya 😊🙏 Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14010376-nasi-uduk-bunga-telang-magicom-simple-mudah?invite_token=nW62V9VjrhYabGgjqRz69W2Y&shared_at=1615324735 #Lihairecook7_solo #pejuanggoldenapron3 #mhf_goldenapron3 #myhomemadefood
Nasi Lihat Resep
Martabak Nasi

Martabak Nasi

Resep Martabak Nasi. Foto seadanya krna disebelah udah ada bocil yg siap2 sama garpu'a dah gak sabaran mamah cepet tiup aku mau makan 😂🙌 dan seperti biasa dong yg lain udah pada buat saya baru bikin sekarang Source : Siswaty Elfin Bachtiar #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya
Nasi Lihat Resep
Nasi Kuning Simple Rice Cooker

Nasi Kuning Simple Rice Cooker

Resep Nasi Kuning Simple Rice Cooker. Bismillahirrohmanirrohim.... Udh bosen nasi putih pengen bikin nasi kuning yg simple gak pake ribet ....yuk cuzz 😊 #nasikuning #cookpadcommunity_bekasi
Nasi Lihat Resep
Nasgor Sawi Ijo #Week37

Nasgor Sawi Ijo #Week37

Resep Nasgor Sawi Ijo #Week37. Siapa sii yg gk suka Nasi Goreng.. Makanan rakyat Indonesia yg gampang banget ditemukan dimana aja, dari yg jualan pinggiran jln sampe Hotel bintang 5 pun pasti ada yg punya menu nasi goreng dg resep nya masing2... Baru2 inii aku nemu nasgor sawi,, hmm dari sawii apa gk bau ?? Awalnya ku berfikir. Tapi karna penasaran, aku cobalah dg sedikit modifikasi aku.. Ternyata rasanya luar biasa enak, gk salah kalo Bapak ku aja sampe 2x nambah 😁😁 TOP katanya 🤗🤗 Source :: Nay's Kitchen #BarapiManjuhu #Brassica #CookpadCommunity_Kalteng #PekanPosbarSawi #PejuangGoldenApron3 #ByV_Feb2021
Nasi Lihat Resep