Foto ResepEs Podeng Manten

Es Podeng Manten

Minuman

Resep Es Podeng Manten yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Es Podeng Manten terdiri dari 6 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Es Podeng Manten ini pun mudah, hanya dengan 6 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Es Podeng Manten. Ceritanya beli nanas kebanyakan (buat bikin selai nanas isian nastar), akhirnya yg satu dibikin setup nanas saja. Nah...kebetulan juga masih punya pepaya dan sisa agar2 bubuk 1/2 bks...maka jadilah es podeng ini...lumayan, selain obat kangen juga buat buka puasa...sdh lama sekali gak minum es podeng ini yg biasanya ada di jamuan pesta nikahan/manten.

BAHAN-BAHAN

  • 1 bh nanas + 4 sdm gula pasir + 2 cengkeh + kayu manis + air
  • 1/4 bh pepaya agak muda + 3 sdm gula pasir + air
  • 250 gr kolang-kaling + 3 sdm gula pasir + air
  • 1/2 bks agar2 + 2 sdm gula pasir + 4 sdm SKM + 350 ml air
  • Sirup melon/simple sirup
  • secukupnya Es batu

CARA MEMASAK

  • Buat setup nanasnya dulu. Nanas dikupas, potong2, rebus dgn 4 sdm gula pasir, 2 btr cengkeh, sepotong kecil kayu manis, dan air asal nanas terendam saja. Rebus smp mendidih. Dinginkan.
    Cara Membuat Es Podeng Manten
  • Sekarang buat setup pepaya. Pepaya yg agak mengkal dipotong2 dgn pisau bergerigi. Rendam dgn air kapur sirih +/- 30 menit. Cuci smp bersih. Rebus pepaya dgn 3 sdm gula pasir dan air secukupnya saja smp pepaya terendam, rebus smp mendidih, begitu mendidih langsung matikan kompornya. Dinginkan.
    Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten
  • Kolang-kaling dicuci, direndam dgn air cucian beras +/- 1 jam (spy tdk berbau asam dan kelihatan bening). Cuci kembali smp bersih. Rebus kolang-kaling dgn 3 sdm gula pasir, pasta pandan + pewarna ijo muda, dan air secukupnya asal kolang-kaling terendam, rebus smp kolang-kaling empuk dan kuah menyusut.
    Cara Membuat Es Podeng Manten
  • Sekarang buat agar2nya. Siapkan bahannya. Gula pasir dan agar2 aduk jd satu. Tuangi air, masukkan susu kental manis (bisa pake SKM yg cocopandan juga) dan 2 tetes pewarna rose (agar2 yg kupake yg bening, jk agar2nya sdh berwarna diskip aja).
    Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten
  • Masak agar2 smp mendidih. Setelah mendidih, tuang ke kotak plastik yg telah dibasahi air. Dinginkan.
    Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten
  • Cara menyajikannya: taruh dlm mangkuk kolang-kaling, setup nanas (sekalian dgn airnya 2 sdm), setup pepaya (sekalian dgn airnya 2 sdm), dan potongan agar2. Beri 1-2 sdm sirup melon/simple sirup (manisnya tergantung selera, perhatikan penggunaan sirup, air nanas dan air pepaya sdh agak manis ya...). Beri air matang dingin secukupnya, kasih es batu secukupnya. Sajikan.
    Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten Cara Membuat Es Podeng Manten

ANEKA RESEP TERBARU

Ayam Bawang Bombay Mie Instan Kreasi Es Podeng Manten Kue Kering Lebaran Jtt Usus Ayam Bumbu Kuning Es Podeng Manten Cup Ikan Dori Sambal Matah Bumbu Bali Jawa Timur Takoyaki Asli Resep Sirup Es Podeng Manten Donat Lumer Bolu Kukus Coklat Chocolatos Gambar Es Podeng Manten Bakmi Goreng Jawa Gunung Kidul

RESEP Minuman MENARIK LAINNYA

Coffee Jelly Dessert

Coffee Jelly Dessert

Resep Coffee Jelly Dessert.
Minuman Lihat Resep
Bengkuang Biji Delima Warna Alami Buah Naga #86

Bengkuang Biji Delima Warna Alami Buah Naga #86

Resep Bengkuang Biji Delima (warna alami buah naga) #86. Lagi beberes laci kulkas, ada sisa bengkuang sisa bahan rujakan.. Kepikiran pingin dibikin biji delima, dulu udh prnh bikin enak banget itu ada kres kresnya dari delima.. Sayang ga dicatat resepnya.. Liat postingan cookpaders, cocok nih bahannya pas 200 g.. Tapi sperti biasa pingin pake warna alami dari buah naga, buah eksotis favorit..Resep asli pake pewarna makanan.. Proses langkah banyak kumodifikasi Source :CP Nayyara's Kitchen
Minuman Lihat Resep
Lemon Tea

Lemon Tea

Resep Lemon Tea. Bisa di buat anget maupun dingin👌 geerrrrr😅
Minuman Lihat Resep
Es Buah Pepaya Kolang Kaling Selasih Syrup Jeruk

Es Buah Pepaya Kolang Kaling Selasih Syrup Jeruk

Resep Es Buah Pepaya Kolang Kaling Selasih Syrup Jeruk. 3.5.2020... 2.11 AM... Bismillah... #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_yogyakarta #es #esbuah #minuman #pepaya #olahanpepaya #sosimplydelicious #AngelKitchen
Minuman Lihat Resep
Salted Caramel Milk

Salted Caramel Milk

Resep Salted Caramel Milk. Tadi sore liat diWAG Cookpad Kaltim Es Kacang merah susu karamel yang dishare sama mbak Dedifa Cooking. Kayakx seger banget deh, sayangnya kacang merahnya lagi nggak ada didapur nih. Coba recook minuman susunya aja. Alhamdulillah, Adekku yang paling kecil suka banget, baguslah biar badannya jadi lebih berisi. #EsDicampur #KampoengRamadan #MeolahCaruan_EsCampur #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #PekanPosbarEsCampur #DutaRecookBeraksi #DutaRecookKaltim #DutaRecookBontang
Minuman Lihat Resep
Belgian Waffle Tanpa Susu

Belgian Waffle Tanpa Susu

Resep Belgian Waffle (Tanpa Susu). pas beberapa waktu yg lalu, jalan-jalan sm kk viola ke toserba (swalayan paling besar di kota kecil sini) hihihihii... biasa ya...para emak nih, klo ke swalayan pasti muter tiada henti..apalagi klo sdh ngelewati bagian loyang dan perkakas dapur.. paling betah deh berlama-lama disana... untung kk viola ngga ngomel dengan kelakuan emaknya yg sukanya pegang-pegang loyang sana sini, muter.. balik lagi ketempat yg sama...wkwkwkwk pertama sih liat ada cetakan waffle tuh... mulai, emaknya pegang-pegang.. sambil mikir... trus pergi ketempat sembako, muter lagi balik ke tempat yg ada cetakan waffle... alhasil kk viola ngomel. maaa... dari tadi pegangin tuh cetakan waffle aja?? emang mama pengen yaaa??? mama beli aja..timbang ngga bisa tidorrr lhooo.. (tuh anak emang tau aja.. klo emaknya pengen sesuatu, dan ngga kesampaian, pasti ngga bisa tiduurrr) akhirnya ya beli aja deh.. harganya juga sama aja kaya beli online. sekalian pengen banget cobain waffle ala" wong londho... source : Shirley Wijaya #PejuangGoldenApron3 #mingguke25 #berburuCelemekEmas #resolusi2020 #cookpadCommunity_solo
Minuman Lihat Resep