Foto ResepKotokan Tongkol

Kotokan Tongkol

Ikan

Resep Kotokan Tongkol yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Kotokan Tongkol terdiri dari 13 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Kotokan Tongkol ini pun mudah, hanya dengan 4 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Kotokan Tongkol. #cookpadcommunity_bandung #MasakItuSaya . . Source : Instagram @arsanti96 dengan sedikit modifikasi bahan Menu ini ada 2 versi (sesuai yang saya baca) yaitu versi Jawa Tengah (daerah Pati) dan Jawa Timur. Saya ga tau aslinya dari mana dan arti kata kotok itu sendiri apa 😁. Untuk bahan utamanya ikan tongkol, bahan tambahan lainnya disesuaikan selera aja, mau tahu , tempe atau pete dan yang lainnya. Cara membuatnya juga beda-beda, ada yang bumbunya dihaluskan seperti saya dan ada juga yang diiris-iris saja. Tapi walaupun beda cara, rasanya tetap sama enaknya (menurut saya). Ga percaya, silahkan dicoba aja 😍 Tips : Untuk mendapatkan sari pati santan yang bagus, kelapa parutnya disiram dulu dengan 700ml air panas (atau airnya sesuai yang diinginkan). Diamkan hingga hangat baru diperas trus diremas-remas supaya sari patinya keluar semua. Jadi hanya 1 kali perasan dan hasilnya memuaskan

BAHAN-BAHAN

  • 10 potong pindang tongkol, cuci dan tiriskan
  • 2 buah tahu, masing-masing potong 6
  • 1 papan pete kupas, belah 2
  • 2 ruas jari lengkuas, geprek
  • Secukupnya cabe rawit ijo utuh
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 700 ml santan kental sedang (dari 1/2 butir kelapa parut)
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 15 buah cabe rawit
  • 1 buah tomat merah
  • 1.5 sdt garam

CARA MEMASAK

  • Siapkan bahan-bahan. Goreng pindang tongkol setengah kering. Goreng tahu setengah matang. Sisihkan dulu
    Cara Membuat Kotokan Tongkol Cara Membuat Kotokan Tongkol Cara Membuat Kotokan Tongkol
  • Tumis bumbu halus dan lengkuas hingga harum
    Cara Membuat Kotokan Tongkol
  • Tuang santan, beri gula pasir. Biarkan mendidih sambil diaduk pelan
    Cara Membuat Kotokan Tongkol Cara Membuat Kotokan Tongkol
  • Masukkan pindang tongkol, tahu dan cabe rawit ijo. Masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa, angkat dan sajikan
    Cara Membuat Kotokan Tongkol Cara Membuat Kotokan Tongkol Cara Membuat Kotokan Tongkol

ANEKA RESEP TERBARU

Resep Kotokan Tongkol Tanpa Santan Kotokan Tongkol Kotokan Tongkol Pedas Kue Cup Cake Cake Ulang Tahun Coklat Lembut Kotokan Tongkol Kemangi Bumbu Marinade Steak Resep Kotokan Tongkol Mangut Ikan Pesmol Ikan Gurame Kotokan Pindang Tongkol Pisang Kepok Cumi Asin Balado Pedas Manis Bumbu Urap Sayuran Kotokan Tongkol Tanpa Santan Resep Kotokan Tongkol Pedas Nasi Samin Resep Kotokan Tongkol Kemangi Kotokan Tongkol Tahu Ikan Tongkol Bakar Manado

RESEP Ikan MENARIK LAINNYA

Woku Kakap Merah

Woku Kakap Merah

Resep Woku Kakap Merah. Tadi ke pasar ada yang jual ikan kakap merah, masih segar dan besar-besar, jarang-jarang ada di pasar ikan seperti ini, langsung deh.. beli agak banyak buat stok di kulkas 😄 Ehm... Langsung di masak woku aja deh, kuahnya yang pedas bisa habisin nasi 2 piring 😄 Oiya.. biasanya saya tambahkan irisan daun kunyit muda untuk masak woku tapi tadi di pasar tidak ada yang jual daun kunyit. Klo di rumah bunda ada daun kunyit boleh di tambah 1-2 lembar irisan daun kunyit yang muda 😉 #GA_TheNextLevel #WeekendChallenge #SeptemberCeria #DiRumahAja #CookpadCommunityBorneo #CookpadCommunity_Palangkaraya #Minggu_16
Ikan Lihat Resep
Goldfish Fat Sauce Murni Lemak Ikan Mas

Goldfish Fat Sauce Murni Lemak Ikan Mas

Resep Goldfish Fat Sauce (Murni Lemak ikan Mas). Masih ikutan belajar dengan mba @Phie Khitchen Berhubung tak ada jamur yang harusnya sesuai resep mba Phie ya...(Mushroom Sauce), jadi aja aq ngejebol perut ikan mas dan aq ambil bagian lemak2nya saja. Lumayan banyak dan rasa tak kalah enak dengan jamur, heheheee darurat kreasi apa aja jadi dech. #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies
Ikan Lihat Resep
Bandeng Presto Tulang Lunak

Bandeng Presto Tulang Lunak

Resep Bandeng Presto Tulang Lunak. Keluargaku sangat suka bandeng presto,apalagi kalau tulangnya lunak. Jadi kalau bikin resepnya ngak liat satu aja..sll mencoba resep2 bandeng presto yg lain. Kali ini aku recook resepnya ibu AROFAH..hasilnya enak dech..😊😉 #AksiDutaRecook #DutaRecookBanjarmasin
Ikan Lihat Resep
Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry

Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry

Resep Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry. Kali ini dengan postingan yang pedes yang bikin nagih, lagi .... 😀😋😋 Ikan goreng yang disajikan dengan sambal, sudah pasti menggugah selera makan. Gurihnya ikan berpadu dengan pedasnya sambal ditemeni dengan lalapan , ahhh.. nikmat sekali. Di sini saya membuat Makarel goreng tepung dengan menggunakan makarel kalengan dan memadukannya dengan sambal strawberry. Sambal strawberry sudah pernah saya posting sebelumnya, strawberry di sini sebagai pengganti tomat. Enak pedes seger juga wangi buah..😋😋, wajib dicobain yaa... Koleksi sambel bisa cek di hestek #sambellingga ya #sambellingga #sambalstrawberry #pekanposbar_sambalnusantara #semanggi_sambalnusantara #Cookpadcommunity_jakarta
Ikan Lihat Resep
Asem Asem Bandeng

Asem Asem Bandeng

Resep Asem Asem Bandeng. Menjelang perayaan tahun baru Imlek, biasanya di pasar banyak pedagang yang menjual ikan bandeng segar. Karena bagi orang Tionghoa, ikan bandeng dipercaya membawa keberuntungan ditahun yang baru. Kebetulan tadi pagi saya beli ikan bandeng yang ukurannya cukup besar dan segar. Enak nih dibikin asem asem bandeng. Langsung eksekusi. Alhamdulillah rasanya nikmat dan sueger makk... coba yuk. #cookpadcommunity_balikpapan,kaltim #cookpadindonesia #cookpadcommunity_id @cookpad_id
Ikan Lihat Resep
Kakap Bakar Aroma Kiwi

Kakap Bakar Aroma Kiwi

Resep Kakap Bakar Aroma Kiwi. Resep Kakap Bakar Aroma Kiwi. Ikan kakap adalah jenis ikan laut yang banyak dijual pasaran dan banyak diburu oleh pencinta olahan ikan.Karena ikan kakap ini dipastikan enak dimasak apa saja pasti enak ...apalagi dibakar hmmm aromanya bikin orang ngak kuat. Penasaran dengan rasanya? Cara memasaknya pun sangat mudah dan praktis karena cukup direndam dengan Saus Tiram Selera dan buah kiwi saja. Jangan lupa tambahkan sedikit minyak goreng untuk mencegah daging ikan kakap mudah hancur. Perpaduan saus tiram selera dan buah kiwi ini yang membuat kakap bakar aroma kiwi sedap dan mantap.
Ikan Lihat Resep