Foto ResepLemper Abon Ikan Tuna...praktis

Lemper Abon Ikan Tuna...praktis

Ikan

Resep Lemper Abon Ikan Tuna...praktis yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis terdiri dari 8 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis ini pun mudah, hanya dengan 7 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Lemper Abon Ikan Tuna...Praktis. . 14/04/2019, . Minggu ke 14 dari 52 minggu Resep ke 34๐Ÿ’• . Metode masak beras ketan dengan diaron 5 menit, diistirahatkan 30 menit, dikukus lagi 30 menit... tanpa merendem dulu beras ketan... Hasilnya ketan tetap matang dan lembut....๐Ÿ˜๐Ÿ‘ . Saya ngukus lempernya pakai loyang, karena lagi gak punya daun pisang, sebenarnya lebih sedep, lempernya dibungkus daun satu2... Jadinya ada sensasi wangi daun pisangnya...hehe Tapi ini praktisss...๐Ÿ‘๐Ÿ‘ . Happy cooking and happy tummy everyone๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . #berburuCelemekEmas #resolusi2019 #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity #lemper #lemperAbon

BAHAN-BAHAN

  • 500 gr beras ketan putih
  • 600-700 ml santan kekentalan sedang
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • ๐Ÿ‘‰Isian:
  • Abon Ikan Tuna (sesuaikan selera bisa abon sapi/ayam)
  • ๐Ÿ‘‰Ikatan:
  • Secukupnya nori (bisa diskip)

CARA MEMASAK

  • Cuci bersih beras ketan, tiriskan.
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Campur beras ketan dan santan dalam panci, masak sambil sesekali diaduk. Masak sampai mendidih dan air santan meresap ke beras ketan. (sekitar 5 menit). Matikan api.
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Istirahatkan 30 menit, posisi panci ditutup untuk memaksimalkan panas agar berfungsi mempercepat proses mematangkan beras ketan (maaf tutup pancinya pakai piring seng tutup aslinya pecah..๐Ÿ™ˆ)
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Setelah 30 menit, santan sudah meresap ke ketannya, aduk balik ketan, hasilnya ketan sudah mulai lembut....hampir matang
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Bagi 2 ketan sama banyak...Siapkan loyang...(loyang ukuran 18x18, kalau ingin lapisan ketan lebih tipis bisa pakai loyang ukuran 20x20) alasi loyang dengan plastik bisa juga daun. Olesi minyak goreng tipis. Tata satu bagian ketan di dalam loyang, tekan-tekan agar padat dan merata. Tata abon di atasnya. Timpa lagi dengan dengan sisa ketan, ratakan di seluruh permukaan abon.
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Masak lemper dalam kukusan yang sudah beruap panas banyak selama 30 menit (saya pakai klakat)
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis
  • Setelah matang angkat lemper, dinginkan. Kemudian keluarkan lemper dari loyang. Potong sesuai selera. Bisa dibungkus dengan daun atau langsung dimakan. Saya ikat dengan nori... Jadi unik...๐Ÿ˜
    Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis Cara Membuat Lemper Abon Ikan Tuna...praktis

ANEKA RESEP TERBARU

Balado Daging Keripik Ubi Es Somboy Fettuccine Carbonara Pizza Hut Kue Asidah Ikan Tongkol Bakar Empal Ayam Tepung Ayam Crispy Nasi Uduk Betawi Rice Cooker Sayur Jamur

RESEP Ikan MENARIK LAINNYA

Gurame Nanas Asam Manis.

Gurame Nanas Asam Manis.

Resep Gurame Nanas asam manis.. Yang suka ikan ikanan di rumah tuh hanya saya aja.. jadi bosen kalau di goreng aja dan kebetulan ada nanas.. jadi aku masak asam manis .. asam dan manisnya dari nanas cucok weennnnaakk... Recook dari Mutia fatya.. #JelajahResepSahabat #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Tangerang
Ikan Lihat Resep
Ikan Mas Goreng Bumbu Kuning

Ikan Mas Goreng Bumbu Kuning

Resep Ikan Mas goreng bumbu kuning. Melihat ikan mas di tukang sayur..pengen banget cobain cara masak mas Rudy choirudin
Ikan Lihat Resep
Ikan Goreng Masak Tempoyak

Ikan Goreng Masak Tempoyak

Resep Ikan Goreng Masak Tempoyak. Lagi...masakan khas daerah saya yaitu olahan tempoyak/asam durian (daging durian yang difermentasi). Mantul deh cuaca beginian sambil ngirup kuah tempoyak. Masakan yang sering dimasak oleh ibu setiap kita mudik. Klo dikampung ikannya pake ikan sungai yang kecil-kecil plus terong ijo bulet, ikannya digoreng sampe kering, hanya dibumbui dengan garam dan cuka makan...gurih banget. Berhubung disini ga ada ikan sungai, adanya ikan empang, saya pake ikan mas aja yang dipotong agak tipis. Rasanya sama enaknya. Terongnya saya ganti tekokak yang lagi berbuah lebat dikebun saya, sayang klo ga dimanfaatkan. Yuk ahhh cuzzzz kita ngirup ๐Ÿ˜ . . #SemuaTentangIbu #IbuKangenKampung #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_bandung #ResepHadleny
Ikan Lihat Resep
Bandeng Cabut Duri Goreng Tepung

Bandeng Cabut Duri Goreng Tepung

Resep Bandeng cabut duri goreng tepung. Kemarin pas pulang dari juwana dibawain mama bandeng cabut duri kita smua suka karena kita bisa menikmati bandeng tanpa takut ada durinya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
Ikan Lihat Resep
Mpek Mpek Ikan Tenggiri

Mpek Mpek Ikan Tenggiri

Resep Mpek mpek ikan tenggiri. ยฐ16-06-2021ยฐ Kesukaan.. ๐Ÿ˜‹ bebikinan beberapa wkt lalu pas dapet oleh2 ikan tenggiri dari paksu. Kapan bisa bikin lagi ya.. hihi #cookpadcommunity_bogor # resepliha
Ikan Lihat Resep
Steam Fish Salmon

Steam Fish Salmon

Resep Steam fish Salmon.
Ikan Lihat Resep