Foto ResepMartabak Mie Suroboyo

Martabak Mie Suroboyo

Mie

Resep Martabak Mie Suroboyo yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Martabak Mie Suroboyo terdiri dari 11 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Martabak Mie Suroboyo ini pun mudah, hanya dengan 7 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Martabak Mie Suroboyo. Takjil yang selalu saya dan suami cari pada saat bulan puasa Ramadhan seperti saat ini🥰 #KampoengRamadhan #cookpadcommunity_Regional #Cookpadcommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_id #Cookpad_id

BAHAN-BAHAN

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air putih
  • 200-300 ml minyak untuk merendam
  • 1 sendok teh lemak ayam untuk menggoreng (saya tdk pakai)
  • Secukupnya bihun goreng (lihat resep)
  • Secukupnya Sambal petis (lihat resep)
  • Secukupnya cabe rawit
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh garam halus

CARA MEMASAK

  • Campur dalam satu wadah tepung, garam dan minyak. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi Kalis.
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera. Saya bagi seukuran sedok ukur yang ukuran sendok makan. Setelah itu kita rendam adonan dgn minyak goreng minimal 1 jam hingga adonan lentur.
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Setelah 1 jam, kita cetak dgn bantuan punggung piring/alas yang mulus tanpa ada pingiran atau lekuk. Ambil 1 bulatan adonan, kita pipihkan dgn bantuan plastik, ratakan dgn bantuan jempol tangan dan jari telunjuk hingga adonan me jadi bulat dan tipis. Beri isian bihun goreng, lalu bungkus hingga bihun tertutup. Untuk bentuk bisa kotak atau segitiga, lalu sisihkan. (lihat resep)
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Kita ulangi pengisian martabak mie hingga adonan kulit habis. Panaskan 50-100 ml minyak goreng yang kita gunakan untuk merendam adonan juga lemak ayam jika pakai dgn api sedang cenderung kecil. Goreng martabak mie hingga matang dan kedua sisi berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan. Ulangi hingga semua adonan martabak matang. Biasanya pedagang martabak menambahkan lemak ayam kedalam minyak goreng supaya lebih harum dan gurih.
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Untuk yang versi siram telur yang lagi viral di SBY, kita kocok telur dan garam hingga tercampur rata. Saat martabak mie kita goreng sdh hampir matang ke dua sisinya, kita siramkan telur kocok kedalam penggorengan hingga semua sisi martabak tersiram telur. Goreng hingga telur matang, jgn lupa dibalik biar semua matang merata.
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Jika semua sisi telur matang, kita angkat dan tiriskan lalu kita sajikan dgn pendamping cabe rawit dan juga sambal petis khas SBY. (lihat resep)
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo
  • Kita pindahkan martabak mie original pada piring saji. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan pendamping seperti sambal petis juga cabe rawit. Martabak mie khas Surabaya siap untuk dinikmati, selamat mencoba 🙏🥰.
    Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo Cara Membuat Martabak Mie Suroboyo

ANEKA RESEP TERBARU

Bolu Pakai Soda Kue Ayam Crispy 3 Bahan Lumpia Bengkuang Bakwan Tempe Kue Kukis Sambel Pecel Kediri Soto Kudus Asli Ayam Mentega Es Teler Mashed Potato

RESEP Mie MENARIK LAINNYA

Indomie Rebus Plus Plus

Indomie Rebus Plus Plus

Resep Indomie Rebus Plus Plus. Kalo laper malem-malem gini enaknya anget-anget indomie seleraku.. hihihi.. 🤭🍲🥦🥕
Mie Lihat Resep
Mie Dok-Dok Ala Burjo Jogja

Mie Dok-Dok Ala Burjo Jogja

Resep Mie Dok-dok ala Burjo Jogja. Source: @tasty_20170408 Meskipun ngga ke kotanya sana, tapi bisa menikmati makananya di rumah sendiri😄 Berasa jalan² di Jogjakarta aja nih🥰 #MasakItuSaya
Mie Lihat Resep
Mie Goreng Terasi

Mie Goreng Terasi

Resep Mie goreng terasi. Tadi siang liat chef willgoz bikin mie goreng malaysia, jadi malamnya buat deh
Mie Lihat Resep
Mie Aglio Olio

Mie Aglio Olio

Resep Mie Aglio Olio. Lagi pengen makan pasta tapi stock pasta di rmh abis, hanya ada mie telor, yo wes lah, saya buat saja mie di buat aglio olio. Semoga berkenan yah #CookpadCoomunity_Depok #PejuangGoldenApron3 #KampoengRamadhan
Mie Lihat Resep
Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor

Resep Soto Mie Bogor. Soto Mie Bogor merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kota Bogor, dan mungkin bagi para pecinta kuliner tentunya makanan tersebut sudah bukan merupakan makanan yang asing lagi di lidah mereka. Namun bagi mereka yang belum mengetahuinya mungkin akan merasa sedikit aneh dalam penyajiannya, karena soto mie Bogor tersebut berbeda dari soto pada umumnya, hal tesebut dikarenakan soto mie Bogor sendiri disajikan bersama dengan mie kuning dan juga risol yang memang menjadi ciri khasnya tersendiri.Proses pembuatannya sama seperti soto pada umumnya, bahan yang digunakan mie kuning yang dicampur dengan bihun, daging sapi, jeroan sapi, kikil, risol goreng, kerupuk emping serta sayur-sayuran. Source: resep masakan jawa-dapur umami #jelajahresep #jelajahresepnusantara #pekanrayamie #pekanposbarmie #pekanrayasoto #pekanposbarsoto #cookpadcommunity_Cilegon #cookpadcommunity_Banten
Mie Lihat Resep
Bakmi Ayam Homemade

Bakmi Ayam Homemade

Resep Bakmi Ayam HomeMade. Liat tutorialnya di channel Youtube " Maydapur by Maiiasari_3ode" jgn lupa like dan subscribe yah... Terima kasih 😇
Mie Lihat Resep