Foto ResepNasi Rawon Pincuk

Nasi Rawon Pincuk

Nasi

Resep Nasi Rawon Pincuk yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Nasi Rawon Pincuk terdiri dari 22 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Nasi Rawon Pincuk ini pun mudah, hanya dengan 8 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Nasi Rawon Pincuk. Makanan yang satu ini tidak boleh terlewatkan kalo main ke Malang. Lauknya ga perlu macem-macem cukup tempe goreng, telur asin, kerupuk udang plus sambel. Bakalan ga terasa 1 pincuk.... 2 pincuk... tambah telurnya... tambah tempenya 😄 Rawon ini akan banyak ditemui di sepanjang wilayah Jawa Timur, ragamnya pun banyak ada yang pakai santan, ada yang bumbunya tidak pakai kemiri bahkan ada yang di kuah rawonnya sudah bergelimang cabe dengan indahnya #JelajahResep #JelajahResepNusantara

BAHAN-BAHAN

  • 500 gr daging atau tetelan sapi
  • 5 buah keluwek
  • 1,5 liter air
  • Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm tumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt gula aren
  • 2 cm kunyit bakar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • Bumbu aroma :
  • 2 batang sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • Pelengkap :
  • Taoge pendek
  • Telur asin
  • Tempe goreng
  • Kerupuk udang
  • Sambel terasi

CARA MEMASAK

  • Siapkan daging (saya : daging dan tetelan) rebus dengan 1,5 liter air, bisa ditambahkan bila kurang, buang kotoran rebusan daging pada kaldu
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Siapkan bahan bumbu, giling bumbu halus, untuk memudahkan proses penggilingan, parut jahe, kunyit dan lengkuas terlebih dahulu baru tambahkan ke gilingan bumbu lainnya
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Keluwek ambil isinya taruh dalam satu wadah, rendam dengan air panas (150 ml) diamkan hingga agak lunak baru dihaluskan perlahan, saya biasanya akan memproses keluwek ini beberapa kali hingga airnya agak bening dan menghasilkan kurang lebih 300 ml air perasan keluwek
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Tumis bumbu halus, masukkan bumbu aroma
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Setelah harum tuang ke dalam rebusan daging
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Aduk rata bumbu dengan kaldu
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Kemudian masukkan air perasan keluwek dengan disaring, tambahkan potongan tomat. Masak kuah rawon dengan api kecil kurang lebih 20-30 menit hingga kuah agak menyusut dan kental. Koreksi rasa
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk
  • Hidangan rawon dengan dituangkan di atas nasi dan taoge pendek dalam wadah pincuk daun pisang tambahkan bahan pelengkapnya.
    Cara Membuat Nasi Rawon Pincuk

ANEKA RESEP TERBARU

Seruit Lampung Otak Otak Putri Noong Bola Ayam Daging Sapi Bakar Ala Korea Kailan Saus Tiram Chicken Fillet Asam Manis Singkong Rebus Gula Merah Bolu 4 Telur Roti Coklat Lembut

RESEP Nasi MENARIK LAINNYA

Wagyu Cheese Steak Rice Bowl

Wagyu Cheese Steak Rice Bowl

Resep Wagyu Cheese Steak 🍚 Rice Bowl. Ini kerjasama suami istri yang sangat bagus, dan dengan segera jadi favorit anak-anak (dan tentunya saya). Istri membantu memarinasi, saya pulang panggang dan langsung makan. Eh saya khilaf makan semuanya tanpa menyisakan! Enak banget dan cepat! Protein dan Karbo langsung ke isi 🥩🧈🍚
Nasi Lihat Resep
Nagasari Beras Pandan

Nagasari Beras Pandan

Resep Nagasari (beras) pandan. #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity_semarang
Nasi Lihat Resep
Nasi Goreng Daun Jeruk

Nasi Goreng Daun Jeruk

Resep Nasi Goreng Daun Jeruk. Assalamualaikum.. Bismillah.. Dulu waktu awal2 nikah, suami bilang klo nasi goreng itu enak klo dikasih daun jeruk bun..padahal saya blm pernah makan nasi goreng dikasih daun jeruk..eehhh..ternyata ennaakk..akhirnya sampai skrg klo bikin nasi goreng pasti ada daun jeruknya..tp sayangnya krucil2 belum suka..semoga aja klo udah agak gedean mereka suka resep ini..
Nasi Lihat Resep
Nasi Goreng Mentega Simpel

Nasi Goreng Mentega Simpel

Resep Nasi Goreng Mentega Simpel. Karna aku anak kost , dan harus hemat tapi pengen makan enak , jadilah membuat nasi goreng ala ala , bikinnya simpel cocok buat temen nonton film tengah malem kalau lagi laper emang pas banget 😍🤤 #PejuangGoldenApron3 #DirumahAja #Cookpaders #Masaksantai #nasigorenganakkos #Cookpadcomunity_indonesia #Cookpad
Nasi Lihat Resep
Kerupuk Nasi

Kerupuk Nasi

Resep Kerupuk nasi. Nyobain kerupuk dr nasi, penasaran bnget, ternyta enk, gurih kok, 😄😄
Nasi Lihat Resep
Nasi Goreng Kampung

Nasi Goreng Kampung

Resep Nasi goreng kampung. Source yurita riambarwati https://cookpad.com/id/resep/13442073-nasi-goreng-kampung?invite_token=FRyCEn6odHv8fSwLTSTSKmwC&shared_at=1598687105 Assalamualaikum ada sisa nasi sepiring buat nasi goreng kampung aja, eh si kecil doyan pakai makan sendiri dan habis banyak, masyallah padahal ga mau makan nasi tiap hari nya, bahagianya mama 🤭 #banggakirimrecook
Nasi Lihat Resep