Foto ResepPangek Ikan Nila Khas Minang

Pangek Ikan Nila Khas Minang

Ikan

Resep Pangek Ikan Nila Khas Minang yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang terdiri dari 14 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang ini pun mudah, hanya dengan 5 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Pangek Ikan Nila Khas Minang. Dapat Undangan ikut Cookpad Online Class , senang banget rasanya soalnya perdana 😊 apalagi topiknya masakan khas Sumatera Barat. Yang menurut suami di Makassar ini susah banget dapat yang enak rasanya. Ini resep pertama yang harus dibuat, mentornya mbak Aziza Rahmi dari resep warisan keluarganya. Super banget deh rasanya.. Enak.. Walau miss daun ruku ruku karena gak nemu disini. Untungnya the power of WA group bantu saya nemukan daun Kunyit nya. Jadinya setelah jogging khusus buat ambil daun kunyit di rumah teman, langsung deh ke pasar belanja bahan bahannya. Alhamdullillah masaknya gak repot. Jadi terkejar buat menu makan siang hari ini. #JelajahResepKhasNusantara pertama saya dari Sumatera Barat. Dengan #BelajarBersamaCookpad , jadi juga #MasakanSumateraUniZiza ini.

BAHAN-BAHAN

  • 2 ekor Ikan Nila uk. Sedang (me : 3 ekor kecil)
  • Secukupnya Kacang Panjang
  • 1-1,5 sdm Cabe Merah Giling (me : 8 bh cabe merah keriting)
  • 1 lbr daun kunyit
  • Secukupnya daun ruku ruku (me : skip)
  • 1-2 bh asam kandis
  • Secukupnya Air
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Kaldu bubuk (me : Kaldu Jamur)
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas Jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 2 buah kemiri

CARA MEMASAK

  • Potong ikan nila menjadi 2 bagian, cuci bersih, lumuri garam dan jeruk nipis agar amisnya hilang, diamkan beberapa saat kemudian cuci bersih kembali. Petik kacang panjang sesuai selera lalu cuci bersih.
    Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang
  • Haluskan bumbu halus dan cabai merah keritingnya. Lalu larutkan dengan air. (maaf gak terlalu halus saya nguleknya)
    Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang
  • Susun daun kunyit dan ikan di dalam kuali kemudian siram dengan larutan bumbu halus tambahkan asam kandis, dan kacang panjang. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Tutup
    Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang
  • Masak sampai airnya menyusut dan mengental. Note dari Uni Ziza jangan diaduk, cukup goyangkan kuali / wajan sesekali agar ikan tidak hancur ketika dimasak.
    Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang
  • Setelah mengental. Pangek Ikan Nila pun siap di nikmati.
    Cara Membuat Pangek Ikan Nila Khas Minang

ANEKA RESEP TERBARU

Kue Roti Goreng Keripik Bawang 1kg Tahu Bakso Tanpa Daging Ikan Mas Bumbu Kuning Bumbu Kupat Tahu Singaparna Nasi Gila Pedas Bumbu Rujak Ayam Kue Tradisional Bugis Roti Simple Asam Padeh Ikan Nila Khas Padang Telur Gulung Sosis

RESEP Ikan MENARIK LAINNYA

Pempek Dos Tanpa Ikan

Pempek Dos Tanpa Ikan

Resep Pempek dos tanpa ikan.
Ikan Lihat Resep
Abon Ikan Pindang

Abon Ikan Pindang

Resep Abon Ikan Pindang. Aku suka simpan dia untuk berbagai kebutuhan. Bisa untuk taburan nasi (liwet/uduk), untuk isi pastel/panada, isi sushi, topping pizza de el el deh suka² aku pokok nya 😁 apalagi kalo lg males masak taburkan aja diatas nasi hangat 🤤 #PejuangGoldenApron2 #BayarResep
Ikan Lihat Resep
Abon Ikan Tongkol Ala Aceh Keumamah

Abon Ikan Tongkol Ala Aceh Keumamah

Resep Abon ikan tongkol ala aceh (keumamah). Saya suka bikin keumamah ini dikeringkan jadi seperti abon ikan, bikin banyak banyak bisa disimpan ditoples dan masukkan kekulkas. Makan keumamah ini cukup dengan nasi angat dan sayuran yg direbus gitu aja, dijamin deh nambah nasi berkali kali, rasa masakan khas aceh satu ini ada pedesnya, asemnya, wangi daun karinya. Masakan aceh ga jauh jauh dari asam sunti yaitu belimbing sayur yang difermentasikan dengan cara dijemur dengan garam. #ibuhebat pasti bisa bikin ini karna sangat mudah 😁 #tiketmasukgoldenapron3
Ikan Lihat Resep
Balado Bandeng

Balado Bandeng

Resep Balado Bandeng. Jarang banget masak ikan bandeng basah,,alhamdulillah kemarin d kasih mbah uti,,,Mau d goreng harus bkin sayur buat Pendamping makan aah ribet,🤭 sekalian ae lauk juga Ada pedesnya gk usah nyambel" deh makan sma krupuk gtu,,,jadilah balado Bandeng enak banget durinya juga kriuk aman d makan tp Duri tengahnya ttp keras yaa jangan d makan,😁 bahane pelengkap Cuma seadanya d dapur tp nikmat,,,
Ikan Lihat Resep
Ikan Nila Asem Manis

Ikan Nila Asem Manis

Resep Ikan Nila Asem Manis. Pilihan lauk buat anak2 yg tdk suka pedes tp suka manis, jadilah resep ini biar ga bosen dengan goreng garing yg sering saya hidangkan
Ikan Lihat Resep
Ikan Gurame Saos Padang

Ikan Gurame Saos Padang

Resep Ikan gurame saos padang. Bosan masak dengan ikan di sambal goreng biasa. Kepikiran membuat bumbu saos padang dimana anak2 dan suami biasanya suka
Ikan Lihat Resep