Foto ResepRoti Gembong Khas Kutai

Roti Gembong Khas Kutai

Kue

Resep Roti Gembong Khas Kutai yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Roti Gembong Khas Kutai terdiri dari 9 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Roti Gembong Khas Kutai ini pun mudah, hanya dengan 10 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Roti Gembong Khas Kutai. dinamakan gembong berarti menggelembung atau mengembang (dalam bahasa Kutai), Sesuai namanya, roti ini berbentuk persegi panjang dan menggembung di bagian atasnya. #Cookpadcommunity #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda #PejuangGoldenApron3 #pekanposbarmanisgurih #AkuManis #KampoengRamadan #MeolahCaruan_Jaja #KulaEtamCoCoK #Rennym_Roti #Week50

BAHAN-BAHAN

  • 500 gram Tepung protein tinggi
  • 7 gram ragi instan
  • 10 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 250 ml air matang
  • 50 gram margarin
  • 25 gram butter
  • 1 sdt garam

CARA MEMASAK

  • Campur semua bahan A, aduk merata semua bahan, kemudian mix dengan mixer dengan tungkai spiral dan tambahkan air sedikit demi sedikit
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Jika sudah setengah Kalis tambahkan margarin, butter dan mix lagi hingga tercampur rata
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Masukkan garam, mix lagi hingga kalis, proofing adonan selama 10 menit dengan wadah ditutup. Bagi adonan dan bulatkan, proofing lagi selama 15 menit dan tutupin lagi (agar gak kering adonannya)
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Tekan bagian tengah lalu gulung sambil dirapatkan bagian sisinya (tanpa rolling pin gak apa ya, ditekan gini ajah😉)
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Loyang roti diolesin margarin dan Susun adonan dalam loyang, proofing selama 60 menit dengan ditutup kain. Olesin margarin bagian atas adonan
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Dengan adonan diatas dapat 2 loyang 14 cm, 20cm dan pancinya rice cooker kecil😁 (yang pas dengan orang jualan ya yang model 14cm itu yah, tapi dengan ukuran 19,5cm)
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Panggang selama 15 menit dengan suhu 170°C (oven dipanaskan sebelumnya sekitar 15 menit), setelah matang olesin dengan butter
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Hasil oven gas
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Hasil kukusan, wakktunya sama dengan oven dan panci kukusan dipanaskan sebelumnya 15 menit
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai
  • Hasil dari Rice cooker gak oke ya, jadi tekstur dalamnya seratnya gak sempurna agak padat
    Cara Membuat Roti Gembong Khas Kutai

ANEKA RESEP TERBARU

Cumi Saus Tiram Asam Pedas Orak Arik Sayur Mie Kuah Jawa Resep Roti Gembong Khas Kutai Pisang Milo Bolu Pisang Ambon Kukus Daging Gula Asem Bola Bola Nasi Umbi Umbian Sawi Putih Saus Tiram Cuko

RESEP Kue MENARIK LAINNYA

Pempek Rebon

Pempek Rebon

Resep Pempek Rebon. Pertama kali bikin Pempek, lihat resepnya farah quinn di yt channelnya.. alhamdulillah sukses. Tapi sedikit di modif resepnya... karena resepnya adalah untuk pempek Dos. #RecookDepok_Pempek #CookpadCommunity_Depok
Kue Lihat Resep
Banana Cake Kukus

Banana Cake Kukus

Resep Banana cake kukus. Source : mba iefa Bismillah... Alhamdulillah... Ngunyah terus biar bahagia . Ini kue nya enak, lembut, bikin kenyang banget. Pengganti nasi. Hehehe Yuk mari dicoba #CookpadCommunity_Malang #MatosMalang #PejuangGoldenApron3 #week17
Kue Lihat Resep
Ongol-Ongol Hungkwe

Ongol-Ongol Hungkwe

Resep Ongol-ongol hungkwe. Hungkwe ini bahan yang familiar banget dari saya kecil,ibu sering banget buat panganan ini. Biasanya dibuat pake gula jawa,dicetak di wadah...dah begitu aja. Kadang ditabur kelapa parut kukus dan ternyata namanya ongol2 ya. Sekarang saya selalu punya simpenan hungkwe. Dan semakin sering buat ongol2 karena lihat resepnya mbak Ati Dewanthi,nuwun mbakyu🙏 #PejuangGoldenApron3 #Minggu6 #masakmudah
Kue Lihat Resep
Lidah Kucing Praktis Tanpa Mixer Dan Cetakan

Lidah Kucing Praktis Tanpa Mixer Dan Cetakan

Resep Lidah Kucing Praktis (Tanpa Mixer dan Cetakan). Manfaatin putih telor yang lagi numpuk sisa bikin kue kering lebaran, sayang kalau dibiarin aja cek bahan lain masih tersedia siap sudah untuk meluncur kedapur buat eksekusi bahan bahannya untuk buat LIDAH KUCING yang rasanya guriiiih banget manisnya juga pas karena aku gak suka terlalu manis 😅
Kue Lihat Resep
Putri Salju 4 Bahan Ekonomis Lumerrr Dimulut Tanpa Oven Tanpa Cetakan Kue Kering Simpel

Putri Salju 4 Bahan Ekonomis Lumerrr Dimulut Tanpa Oven Tanpa Cetakan Kue Kering Simpel

Resep Putri Salju 4 bahan Ekonomis, lumerrr dimulut, Tanpa Oven, Tanpa Cetakan / kue kering simpel. Edisi mau lebaran,,, 😙 buat putri s5alju tapi yang gak nguras tenaga ama kantong ya moms,, rasanya enak, kokoh gak mudah hancur tapi lumerrrr dimulut,,,mimin juga suka banget sama kue kering yang bermandikan gula ini 😍 selamat mencoba moms,,, #dirumahaja #festivalramadhancookpad #tiketmasukgoldenapron3
Kue Lihat Resep
Nastar Keju Lumer Di Mulut

Nastar Keju Lumer Di Mulut

Resep Nastar Keju Lumer di Mulut. Aaaaaah kue kering yang satu ini kalo di rumah saya ibarat benda berharga pas mau lebaran. Soalnya harus disimpan dan diumpetin rapet-rapet. Hehehe.. soalnya kalo lengah sedikit aja, kue lebaran yang satu ini bisa ludes seketika. Teksturnya lembut banget dan lumerrrrr...Oiya aku recook resepnya Ibu Susi Agung lhooo
Kue Lihat Resep