Foto ResepSambel Oyong Gambas

Sambel Oyong Gambas

Bumbu

Resep Sambel Oyong Gambas yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Sambel Oyong Gambas terdiri dari 11 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Sambel Oyong Gambas ini pun mudah, hanya dengan 5 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Sambel Oyong/Gambas. #230, Sabtu/20 November 2020 Tema Cookpad minggu ini masih jelajah resep tapi resep dari sahabat. Udh lama kabita sama sambel oyong di galeri cookpad Teh Hes, atau Cikgu Hes bgitu teman2 cookpad class menjuluki bliau. Sbg ungkapan terimakasih buat bliau, yg telah mementori selama kegiatan belajar bersama cookpad.. Sy recook resep yg ini, bodornya pas eksekusi ada bahan sambal yg kehabisan stok yaitu gula merah.. Ya, jadinya dg bahan yg ada saja tapi tetap endolita. Di tengah rasa pedas ada kenyal renyah dari oyong yg digoreng dan diulek bersama smbel. Beuh, bakal jd sambel paporit ieu mah. Source : Hes Hidayat #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #cookpad_id #JelajahResep #JelajaResepSahabat

BAHAN-BAHAN

  • 1 buah gambas ukuran sedang
  • 10 cabai merah keriting
  • 15 cabai rawit hijau (me : 5 buah cabe rawit merah)
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm gula merah (me : 1 sdt gula pasir)
  • 1 sdt garam (me : 1/2 sdt)
  • 1/2 sdt kaldu udang bubuk homemade (tambahan sy)
  • 1 buah jeruk cui (option: jeruk limo)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Pelengkap : lauk sesuai selera (tempe, jambal asin dsb)

CARA MEMASAK

  • Siapkan bahan kemudian cuci. Gambas jgn dikupas habis kulit ijonya, biar ada sensasi renyah
    Cara Membuat Sambel Oyong Gambas
  • Panaskan minyak, goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, dan oyong sekitar 5 menit. Masak hingga layu
    Cara Membuat Sambel Oyong Gambas
  • Taruh semua bahan dicobek kecuali oyong dan garam. Gerus kasar. Tambahkan gula merah(me : gula pasir, krn kehabisan gula merah). Gerus lagi.
    Cara Membuat Sambel Oyong Gambas
  • Lalu masukan oyong atau gambas ulek lagi sampai tercampur rata. Saya tambahkan 1/2 sdt kaldu udang bubuk. Cicipi. Adukrata. Lalu, beri perasan jeruk cui, adukrata.
    Cara Membuat Sambel Oyong Gambas
  • Sajikan dengan lauk favorit. Endess pisan dimakan dg nasi hangat, jambal roti dan tempeh😋
    Cara Membuat Sambel Oyong Gambas

ANEKA RESEP TERBARU

Dumpling Kuah Gulai Ikan Kembung Empal Daging Goreng Pancake Asin Sayur Timun Bening Daging Grill Sambal Mentah Ayam Bakar Sayur Asem Enak Ikan Selar Gohyong

RESEP Bumbu MENARIK LAINNYA

Sambel Kentang

Sambel Kentang

Resep Sambel kentang. biasanya terkenal sambel goreng kentang...nih lbh sederhana lg yaitu sambel kentang.ttep yumih sihh
Bumbu Lihat Resep
Sambal Cumi Asin

Sambal Cumi Asin

Resep Sambal Cumi Asin. Dulu saya jualan sambal dimulai di tahun 2015. Tapi sekarang udah males sih karena ada kesibukan lainnya. Masih banyak juga yg nanyain kapan bikin sambal lagi. Tapi entahlah kayaknya ga sempat gitu. Kecuali buat konsumsi sendiri ya. Dan masak sambal dalam jumlah besar itu membutuhkan waktu berjam2, capek juga buat ngaduknya biar ga gosong dibawahnya 😁😁 dengan berbagai tips and trick memasak dan mengemas sambal biar tahan sampai semingguan di suhu ruang. Alhamdulillah waktu itu dibawa ke Jepang perjalanan 8 hari juga ga basi. Yuk kepoin resepnya dan tips and trick sambal awet tahan lama disuhu ruang. Untuk sambal cumi ini kenapa saya pakai bawang diiris halus bukan di haluskan? Karena kalo cumi asin lebih enak ada aroma irisan bawang. Sekali coba pasti ketagihan
Bumbu Lihat Resep
Sambal Teri Kacang

Sambal Teri Kacang

Resep Sambal teri kacang. #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_jakarta
Bumbu Lihat Resep
Sambal Trancam

Sambal Trancam

Resep Sambal Trancam. Sambal trancam ....mungkin banyak diantara kita yang belum tahu, bahkan agak aneh kedengarannya, aku juga tidak tahu persis darimana asal mula sambal ini, tetapi jangan heran jika sudah mencoba menu ini aku yakin pasti pada ketagihan. Penampilannya hampir sama dengan urap hanya urap serba dimasak sedang ini tidak sama sekali, tapi untuk kelapa & kecambah aku sengaja dikukus/rebus biar tidak cepat basi, cobain yuk #PejuangGoldenApron2
Bumbu Lihat Resep
Sambal Baby Cumi

Sambal Baby Cumi

Resep Sambal Baby Cumi. Dapet rezeki dari tetangga yang jualan sayur dipasar seplastik cabe merah keriting. Akhirnya terpikir buat stock sambal sajalah dirumah. Kebetulan juga si cabe rawit sedang melejit harganya🌶. Karena mommy penggemar sambal cumi botolan yang sempat booming. Akhirnya jatuhlah pilihan mencoba membuat sambal cumi ala-ala yang dijual. Mencoba mengenali rasa, aroma dan tekstur dari si sambal yang cocok. Salah satu sambal cumi botolan yang cocok di lidah mommy yang memiliki aroma khas serai dan daun jeruk. Aroma ini selain menambah sedap juga menghilangkan rasa amis si cumi. Tekstur cumi yang pas menurut mommy itu yang digoreng setengah kering. Karena pernah makan cuminya utuhan nggak digoreng, terasa amis. Terlalu kering pun malah menjadi alot. Akhirnya mommy mix dua resep teruji, source : @Yohana Anggarasari & @Vina Himatur. Lengkap dengan tips nya dari mbak yohana. Jika memang sambalnya ingin dijual&tahan suhu ruang. Alhamdulilah, suami bilang “enak”. Rencana disimpan pun gagal total. Yang ada sudah ludes. Buat foto pun tinggal sisa-sisa perjuangan.hahahhaa. #CookpadCommunity_Cilegon #CookpadCommunity_Tangerang
Bumbu Lihat Resep
Sambal Kecombrang

Sambal Kecombrang

Resep Sambal Kecombrang. Kebetulan masi punya kecombrang di freezer.Krn hari ini aku buat nasi daun jeruk,kayanya bakal tambah mantap kalo ditambah sambal kecombrang❤Buatnya gampang banget & enak banget buat temen makan nasi di rumah😍😍 #GA_TheNextLevel
Bumbu Lihat Resep