Foto ResepSoto Ayam Pacitan Saoto Pacitan

Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan

Daging

Resep Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan terdiri dari 28 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan ini pun mudah, hanya dengan 6 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Soto Ayam Pacitan/Saoto Pacitan. Soto Ayam Pacitan ini ciri khasnya adalah dlm penyajiannya ada kacang tanah goreng. Selain itu pake bumbu minimalis (bumbu dasar soto) di kuahnya, kuahnya juga bening dan sll pake ayam kampung. Sebetulnya tdk pake kunyit di kuahnya, cuma kurang cantik jadi aku pake 😄 Selain itu daging ayamnya sblm disuwir dibumbui dan digoreng dulu asal berkulit aja (tdk smp kering banget). Dan konon menurut cerita orang2, warung soto yg terkenal di sana mereka pake kecap racikan mereka sendiri...nah, ini rahasianya yg aku gak tahu...tp resep yg kubuat ini insyaallah sdh sesuai dgn resep aslinya kok...krn aku asli org Pacitan...🤗 #PejuangGoldenApron2

BAHAN-BAHAN

  • 1 ekor ayam kampung, potong jd 4
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm lada butiran
  • 4 btr kemiri
  • Sepotong kunyit
  • Sepotong jahe, geprek
  • Sepotong lengkuas, geprek
  • 1 btg serai, geprek
  • 4 lbr daun jeruk
  • 4 btg seledri, simpulkan
  • 2 btg daun bawang, potong kasar
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • 3 siung bawang putih, goreng
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • Minyak untuk menumis
  • 2 liter air untuk merebus ayam
  • Ayam kampung hasil rebusan, dibumbui, digoreng, dan disuwir
  • Toge pendek, diseduh air panas sebentar
  • Kacang tanah goreng
  • Keripik kentang
  • Irisan daun seledri
  • Bawang merah goreng
  • Sambal rebus, cabe rawit & bawang putih
  • Potongan tomat
  • Jeruk nipis
  • Kecap manis

CARA MEMASAK

  • Rebus ayam dgn 2 liter air smp empuk. Tiriskan daging ayamnya, kaldunya sisihkan. Siapkan bahan lainnya.
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan
  • Haluskan kunyit, lada butiran, kemiri, dan garam. Setelah bumbu halus, bawang putih digecek/ditumbuk saja (tdk diulek halus).
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan
  • Panaskan minyak, tumis bumbu beserta rempah2nya (jahe, lengkuas, serai, daun jeruk) smp bumbu benar2 matang. Selagi menumis bumbu, kaldu dipanaskan.
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan
  • Setelah bumbu matang, masukkan ke dlm kaldu. Jika kaldu kurang banyak bisa ditambahkan air panas. Masukkan juga daun seledri, daun bawang, gula pasir, dan kaldu bubuk. Tunggu mendidih, koreksi rasanya. Matikan api, taburi bawang putih goreng dan bawang merah goreng, tutup. Sisihkan.
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan
  • Ayam hasil rebusan tadi dibumbui garam, ketumbar, dan bawang putih yg diberi air kaldu/air biasa secukupnya (jgn banyak2, spt membumbui tempe goreng). Goreng ayam smp berkulit saja, jgn smp kering (nanti keras). Setelah dingin disuwiri.
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan
  • Sajikan soto ayam beserta nasi, dgn pelengkapnya.
    Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan Cara Membuat Soto Ayam Pacitan Saoto Pacitan

ANEKA RESEP TERBARU

Indonesian Food Ayam Goreng Madu Kacang Tanah Puding Cake Brownies Dimsum Ayam Sayur Lemper Ayam Bakar Ayam Steak Ubi Goreng Bulat Ubi Keju Kukus Manisan Blonceng

RESEP Daging MENARIK LAINNYA

Ayam Kodok

Ayam Kodok

Resep Ayam Kodok. Recook dari mbakyu Echa, Kemarin sudah bikin paha ayam kodok, Masih kurang puas, karena nguliti nya cuma paha. masih penasaran nih gimana proses nge jahitnya juga, tantangan banget ini ternyata, 😏 gregetttttt...😏😏 Uwooowww... proses nya mayan menyitaaa waktuu... Tapi, setelah melihat semua keluarga lahap makannya dan bilang enak, emmm hilang capeknya..... Terbayar sudah nih, yg pagi2 ke pasar, beli ayam, nguliti ayam, proses ngejahitnya wkwk berasa jadi dokter nih, ngejahit kulit, "ayam" 😂 #recookAyamKodok_Solo #cookpadCommunity_Solo #pejuangGoldenApron3 #jagoRecook_AkuRaPopo
Daging Lihat Resep
Ayam Fillet Tepung Roti

Ayam Fillet Tepung Roti

Resep Ayam Fillet tepung roti. Saatnya bikin masakan yang lezat untuk anak-anak dan suami aku dirumah..masakan favorit,semuanya suka banget..
Daging Lihat Resep
Ayam Serundeng Bumbu Instan Bamboo Rasa Ayam Bakar Rujak

Ayam Serundeng Bumbu Instan Bamboo Rasa Ayam Bakar Rujak

Resep Ayam Serundeng bumbu instan bamboo rasa ayam bakar rujak. Ini bumbu kan buat ayam bakar Tapi pernah dicoba buat kelapa serundeng ( bumbu sisanya) itu rasanya kayak serundeng ayam padang, jadi nyoba lagi, tapi kali ini dicampur ke ayam dan kelapanya agak kasar parutannya
Daging Lihat Resep
Pindang Ceker Paha Ayam Bumbu Tumis

Pindang Ceker Paha Ayam Bumbu Tumis

Resep Pindang Ceker & Paha Ayam (Bumbu Tumis). Minggu ke 38 Golden Apron The Next Level (resep 1 >>> 15 Februari 2021) Setiap kangen sama almarhumah ibu, saya selalu masak menu yang sering beliau hidangkan untuk kami anak-anaknya saat kami masih berkumpul dikampung halaman atau saat kami pulkam. Salah satunya adalah pindang ayam ini. Cara masaknya sederhana dengan bumbu dapur yang selalu tersedia, jadilah masakan berkuah yang memanjakan lidah. Kalo mau pedes tinggal penyetin cabe rawit/diiris halus. Semoga ibu selalu bahagia disana bersama orang-orang yang soleh dan soleha...Alfatihah . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #pindangayam #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny
Daging Lihat Resep
Baby Buncis Siram Daging #2

Baby Buncis Siram Daging #2

Resep Baby Buncis Siram Daging #2. Kemarin buncis siram daging dengan paprika Kali ini buncis siram daging dengan jamur
Daging Lihat Resep
Merebus Daging Metode 5.30.7

Merebus Daging Metode 5.30.7

Resep Merebus Daging metode 5.30.7⭐. Irit gas,irit waktu,hasilnya daging empuk dn renyah.😊
Daging Lihat Resep