Foto ResepOdading Bolang-Baling Kue Bantal #165

Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165

Kue

Resep Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 terdiri dari 11 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 ini pun mudah, hanya dengan 7 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep ODADING || Bolang-Baling||Kue Bantal #165. Odading yg dijual zmn dulu itu bentuknya bulat segede kepalan tangan, tekstur dalamnya lembut kyk roti, luarnya garing krn digoreng, dan cukup bikin kenyang. Btw odading itu berasal dari celetukan seorg mama belanda zmn kolonial, wkt anaknya ngerengek minta dibelikan kue yg dibawa pedagang keliling, pas liat kuenya nyeletuk "o, dat ding"/oh benda itu.. Maklum pedagangnya org sunda, krn kata itu enak didengarnya jd kue yg tak bernama itu akhirnya disebut sbg " Odading" (Sumber :kompas.com) Nah, klo di Pekanbaru, kue ini dikenal sbg nama kue bolang-baling, bentuknya kyk bantal barbie..Dulu ada yg jualan dekat simpang jalan, pake gerobak kakilima, jual khusus bolang-baling utk versi manisnya, dan cakue sbg versi asin. Yg jual rupanya org jawa tengah, pantesan namanya bolang-baling. Bikin kue ini juga krn request paksu dan anak2 yg ikut ketularan viral "makan odading"....Mengadaptasi resepnya Bunda Ei dari Bandung, biar lebih dekat scr historikal dg odading. Source : Bunda Ei - Bandung #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Bandung #Cookpadcommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #cookpad_id

BAHAN-BAHAN

  • 250 gr terigu Segitiga
  • 2 sdm susu bubuk (tambahan sy)
  • 60 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt ragi instan
  • 100 ml air hangat suam kuku
  • 1 butir telur
  • 3 sdm minyak
  • Topping (optional):
  • Secukupnya air untuk olesan
  • Secukupnya wijen sangrai untuk taburan

CARA MEMASAK

  • Aktifkan ragi. Campur air hangat dan gula pasir. Aduk rata hingga gula larut. Lalu masukan ragi. Aduk rata, biarkan hingga berbuih tanda ragi aktif. Setelah ragi berbuih masukan telur dan minyak. Aduk rata.
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Campur terigu, susu dan garam. Aduk rata. Buat lubang di tengah tepung. Masukan bahan cair (langkah 1). Aduk rata. Jangan heran, adonan ini lengket sekali. Uleni hingga adonan lemas (tdk sampe kalis)
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Bulatkan adonan (saat membulatkan tangan olesi minyak). Tutup plastik wrap/serbet bersih. Diamkan 30-45 menit (hingga adonan mengembang 2 x lipat). Tergantung suhu di tempat masing2 ya.
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Setelah mengembang kempiskan adonan. Pindahkan adonan ke meja kerja. Taburi dulu meja kerja dengan terigu. Ratakan adonan menggunakan rolling pin. Baru potong2 kotak ukuran sesuai selera. Klo saya jadi 16 potong. Istirahatkan lagi 10 menit (sambil ditutup serbet).
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Setelah diistirahatkan, jika suka oles dengan air tipis2 lalu taburi wijen. Setiap oles, lgs taburi wijen, agar airnya gak keburu meresap ke adonan.
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Panaskan minyak. Lalu kecilkan apinya. Goreng hingga kecoklatan. 1x balik aja ya biar tidak berminyak. Tiriskan.
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165 Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165
  • Cocok dinikmati bersama teh hangat atau secangkir kopi.
    Cara Membuat Odading Bolang-Baling Kue Bantal #165

ANEKA RESEP TERBARU

Bumbu Kuah Tekwan Kue Kering Semprit Sagu Coklat Puding Brownies Lumer Daun Singkong Tanpa Santan Tomyam Bumbu Instan Telur Sambal Hijau Puding Cocktail Mie Goreng Gerobakan Tuna Woku Sambal Kacang Gorengan

RESEP Kue MENARIK LAINNYA

Sponge Cake Vanila Base Buat Cake Tart

Sponge Cake Vanila Base Buat Cake Tart

Resep Sponge cake vanila (base buat cake tart). Mao buat cake tart lagi buat ii kali ini. Pas pula tahun baru birthday nya. Haha.. Resep sponge cake ny sy pake resep ci betty cen. 1 resep sy pk loyang 20cm bulat tggi 6. Resep asli si buat loyang 18cm tggi 7.
Kue Lihat Resep
Opor Telur Kentang Bumbu Simpel

Opor Telur Kentang Bumbu Simpel

Resep Opor Telur Kentang Bumbu Simpel. Sejak mulai kerja Normal, tiap malam pulang kerja Masuk Dapur, bikin menu simpel buat esok Hari kesayangan qu makan... Walau simple aku mau masakan ku tetap menjadi Makanan yg Sehat untuk para kesayangan ku.. karena Sehat itu Mahal 🤭 sekalian berpartisipasi di program Worldwide Egg Contest, #ResepTelurkuMendunia Siapa tahu bs menginspirasi Ibu2 di 15 Negara yg aktif di luar rumah seperti aku. #ResepTelurkuMendunia #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Jakarta #GoodfoodGoodMood #GenkPeda_Eksis #GenkPejuangDapur #AnekaOlahanTelur #OporTelur #OporTelurKentang #OlahanTelurNusantara #JelajahResepSehat #JelajahResep #WeekEndChallenge
Kue Lihat Resep
Candil Tepung Ketan Biji Salak

Candil Tepung Ketan Biji Salak

Resep Candil Tepung Ketan / Biji Salak. Kali ini recookmya spesial dalam rangka minggu ke-40 para #PejuangGoldenApron3 dan mamah ngasih kesempatan untuk bisa berkenalan lebih jauh dengan sesama PGA3 lewat #KenalanLewatRecook. Pas banget lagi pengen buat candil kesukaan bocil dan ketemu resep mba Watty ini yang sesama PGA3 Yeayyy.. semangaattt... sisa 12 minggu lagi untuk menuntaskan misi ini #PejuangGoldenApron3 #KenalanLewatRecook #MingguKe40
Kue Lihat Resep
Pentol Kanji Isi Telur Dadar

Pentol Kanji Isi Telur Dadar

Resep Pentol kanji isi telur dadar🍡. Buat nanti malam temen nonton film ikatan cinta😄😁😆 Pentolnya bisa dimakan langsung atau digoreng dulu ya bun🍡
Kue Lihat Resep
Nastar Jumbo Atau Kue Kering Nanas Dengan Oven Tangkring

Nastar Jumbo Atau Kue Kering Nanas Dengan Oven Tangkring

Resep Nastar Jumbo atau Kue Kering Nanas dengan Oven Tangkring. Kenapa disebut jumbo? karena ukurannya besar menyesuaikan bulatan selai nanasnya..hehe Resepnya gampang, bukan? #cookpad #cookpadIndonesia #cookpadCommunity_Tangerang #cookpadyunitariz #kampoengRamadan #akuManis #camilanyunitariz #olahanyunitariz #nastar #selainanas #kuekering #kueLebaran
Kue Lihat Resep
Telur Bacem

Telur Bacem

Resep Telur bacem. Menu Lebaran saya, disaat lontong opor jadi menu favorit para keluarga. ^.^
Kue Lihat Resep