Foto ResepPepes Ikan Gurami

Pepes Ikan Gurami

Ikan

Resep Pepes Ikan Gurami yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Pepes Ikan Gurami terdiri dari 22 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Pepes Ikan Gurami ini pun mudah, hanya dengan 6 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Pepes Ikan Gurami. Bismillah.. Alhamdulillah bs meneruskan perjuangan aksi hero, kali ini dibuat tim duo hero dan diminta untuk saling recook. Saya berkesempatan mengajak mba Evana, salah satu sahabat di komunitas bekasi utk menjadi tim #DuoHero_Bekasi . Walaupun baru kenal, masyaa Allah mba Evana cantik dan jg baik hati 😊. Saya menjatuhkan pilihan utk merecook ikan pepes mba Eva, krn qadarullah saya suka bgt dg ikan pepes 🤭. Sekali lg, jazakillah khair telah menerima pinangan saya ya mba 🤭🙏🤗 CP : Evana Tati #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #CookpadCommunity_id #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_ Bekasi #dapoernyamimi

BAHAN-BAHAN

  • 1 kg ikan gurami isi 2 ekor (resep asli ikan mas), saya potong 2
  • 1 buah jeruk nipis
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Daun pisang, dibersihkan lalu di panaskan biar layu
  • lidi/ tusuk gigi secukupnya
  • Bumbu Halus :
  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 15 butir kemiri
  • 5 buah cabe keriting
  • 2 cm jahe
  • 4 cm kunyit
  • Bumbu pelengkap :
  • 1 buah tomat merah, dipotong dadu
  • 1 buah tomat hijau, dipotong dadu
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 ikat daun kemangi (saya suka dg bau kemangi)
  • 6 buah cabe rawit utuh
  • 6 lembar daun salam
  • 6 batang sereh (3 diambil bagian putihnya, dan 3 lg dirajang halus)
  • 4 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur

CARA MEMASAK

  • Cuci bersih ikan gurami, beri perasan jeruk nipis, lalu taburi dengan garam, aduk rata dan diamkan 10-15 menit. Ikan gurami saya potong 2, ukurannya agak besar (biar puas makannya 😂). Tp kl mau dipotong 3 jg bisa banget.
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami
  • Haluskan semua bumbu halus, sisihkan. Lalu dalam sebuah wadah, masukkan bumbu halus, tambahkan tomat merah dan hijau, sereh yg dipotong2 serta daun kemangi, lalu beri garam dan kaldu jamur, aduk rata, koreksi rasa, sisihkan.
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami
  • Siapkan daun pisang, ambil beberapa lembar. Lumuri ikan dg bumbu, masukkan sedikit bumbu ke dalam perut ikan, sisihkan. Lalu letakkan daun salam di dasar daun, kemudian ikan yg td sudah dibumbui, beri sereh dan cabe rawit utuh, lalu bungkus serta sematkan dengan lidi/tusuk gigi.
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami
  • Panaskan kukusan, lalu masukkan ikan gurami yg sdh dibungkus daun td. Kukus selama 30 menit. Angkat dan sisihkan.
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami
  • Kemudian panaskan teflon/wajan/happycall, panggang ikan dg menggunakan api kecil hingga kering dan harum. Bolak balik ikan agar matangnya rata.
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami
  • Angkat dan sajikan dg nasi hangat
    Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami Cara Membuat Pepes Ikan Gurami

ANEKA RESEP TERBARU

Pepes Ikan Gurame Bandung Telur Ceplok Asam Manis Pepes Ikan Gurame Khas Sunda Pepes Ikan Gurame Daun Singkong Pepes Ikan Gurame Bumbu Kuning Pepes Ikan Gurame Jtt Brownies Nutricake Es Krim Buah Nanas Tahu Bulat Crispy Pepes Ikan Gurame Pepes Ikan Gurame Pedas Sambal Geprek Bawang Bebek Oven Lapis Melayu Rawon Setan Pepes Ikan Gurame Sunda Papeda Telur Nastar Meleleh Di Mulut

RESEP Ikan MENARIK LAINNYA

Mangut Belut #Week46

Mangut Belut #Week46

Resep Mangut Belut #Week46. Lagi2 Bapak minta masakkan Belut tapi di masak Mangut.. Pas kebetulan dipasar ada yg jual belut. Langsung lah cekidot di eksekusi. Sekali2 ngerikuk masakan sendiri dg ikan yg berbeda 😁😁 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadID #ByV #ByV_2021
Ikan Lihat Resep
Salmon Teriyaki

Salmon Teriyaki

Resep Salmon Teriyaki. Source #RiniDwiAstuti Punya salmon diginiin udah enak moms 😊 dijamin rasanya manis gurih nagih deh Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/13445486-salmon-teriyaki?invite_token=1A12CQ61Mp31HxKwMJM4HRCj&shared_at=1612168750 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis
Ikan Lihat Resep
Resep Balado Ikan

Resep Balado Ikan

Resep Resep Balado ikan. beli ikan tongkol dipasar . plus terong . tahu. buat balado
Ikan Lihat Resep
Ikan Mujair Goreng Bumbu Racik

Ikan Mujair Goreng Bumbu Racik

Resep Ikan Mujair goreng bumbu racik. Kali ini masak kesukaan aku banget ikan mujair😁😂 #PejuangGoldenApron3
Ikan Lihat Resep
Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry

Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry

Resep Ikan Makarel Goreng Tepung Sambal Strawberry. Kali ini dengan postingan yang pedes yang bikin nagih, lagi .... 😀😋😋 Ikan goreng yang disajikan dengan sambal, sudah pasti menggugah selera makan. Gurihnya ikan berpadu dengan pedasnya sambal ditemeni dengan lalapan , ahhh.. nikmat sekali. Di sini saya membuat Makarel goreng tepung dengan menggunakan makarel kalengan dan memadukannya dengan sambal strawberry. Sambal strawberry sudah pernah saya posting sebelumnya, strawberry di sini sebagai pengganti tomat. Enak pedes seger juga wangi buah..😋😋, wajib dicobain yaa... Koleksi sambel bisa cek di hestek #sambellingga ya #sambellingga #sambalstrawberry #pekanposbar_sambalnusantara #semanggi_sambalnusantara #Cookpadcommunity_jakarta
Ikan Lihat Resep
Pepes Gurame

Pepes Gurame

Resep Pepes Gurame. Biasanya kalo mkn gurame dibakar atau goreng tepung...lama2 bosen...kali ini bikin yg beda...dipepes...enak juga, untuk variasi lain...🤗 Ikannya bisa diganti ya...sesuai selera... Akan lebih enak jk bikin pepes itu tdk pelit bumbu...ikannya bener2 terselimuti bumbu...jd bikin bumbunya banyak.
Ikan Lihat Resep