Foto ResepWajik Ketan Betawi

Wajik Ketan Betawi

Kue

Resep Wajik Ketan Betawi yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Wajik Ketan Betawi terdiri dari 8 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Wajik Ketan Betawi ini pun mudah, hanya dengan 4 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Wajik ketan Betawi. 💃💃💃💃💃 akhirnya keturutan juga bikin wajik yang pulen, enak dan wangi 😭😭😭😭. Mamak terhura bisa bikin wajik....emakkk anakmu sudah pinter bikin wajik. Alhamdulillah ya....wajik merupakan salah satu ragam kekayaan dari kuliner Indonesia. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dimasak dengan campuran santan dan gula, dimasak hingga berminyak dan berasa lembut. Ah iya mamak juga baru tau kalau sebenarnya ketan untuk wajik ini cukup dikukus satu kali saja. Tapi jika ingin dikukus 2x juga boleh, tekstur nya akan lebih pulen lagi. [email protected] #CookpadCommunity_TanahBumbu

BAHAN-BAHAN

  • 500 gr beras ketan rendam semaLam lalu tiriskan
  • 200 ml air
  • 250 gr gula merah
  • 1-3 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 2 lembar daun pandan
  • 5-7 lembar daun jeruk
  • 250 ml santan kekentalan sedang
  • secukupnya Garam

CARA MEMASAK

  • Kukus beras ketan yang sudah ditiriskan. Kukus sekitar 30-40menit kemudian angkat dan taruh ketan di baskom. Kemudian didihkan air yang 200ml dan siram ke dalam baskom berisi ketan, aduk rata sampai air menyerap. Kemudian kukus lagi sekitar 10-15menit. Di wajan kita tuang santan, masukkan gula merah, gula pasir, daun pandan dan daun jeruk serta garam secukupnya. Aduk rata
    Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi
  • Biarkan mendidih sampai kental, kemudian masukkan ketan yang sudah dikukus, aduk rata sampai ketan menyerap santan.
    Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi
  • Aduk terus sampai ketan Kalis dan tidak lengket. Gunakan api kecil saat mengaduk agar tidak banyak bagian yang gosong. Setelah matang dan Tanak pindahkan ke dalam wadah. Saya pakai loyang ukuran 20cm yang sudah diolesi minyak dan dilapisi plastik dan diolesi minyak lagi tipis2. Sambil dipadatkan ya. Lalu biarkan sampai dingin di suhu ruang. Setelahnya siap untuk di nikmati.
    Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi
  • Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Cara Membuat Wajik Ketan Betawi

ANEKA RESEP TERBARU

Tumis Daging Asem Asem Ikan Lele Bakar Solo Daging Saikoro Bakso Sapi Urat Asam Padeh Ikan Nila Cara Membuat Wajik Ketan Betawi Sambal Korek Ayam Geprek Puding Oreo Coklat Serabi Kinca Hokkaido Cheese Tart

RESEP Kue MENARIK LAINNYA

Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

Resep Martabak Telur Mini. Source: Susi Agung Keluarga kami banget sama martabak telur. Sayangnya pedagang martabak telur ini biasanya muncul saat sore sampai malam hari aja, jadi kalo kepengen, harus nunggu sampe sore dulu deh. Apalagi sekarang ada himbauan dari pemerintah untuk #diRumahAja guna menekan penyebaran virus Corona yang mematikan. Jadi suami dan anak kerja secara online dari rumah aja. Nah supaya mereka tetap semangat dan ga' bosen selama bekerja di rumah, saya mulai mencari resep martabak telur di cookpad dan liat resep martabak telur milik mba @susi.agung yang simpel banget. Cuss.. dibikin. Kebetulan semua bahannya ada di kulkas. Alhamdulillah, mantull banget rasanya. #weekendchallenge #cookpadcommunity_balikpapan,kaltim #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunity_id #cookpadindonesia @cookpad_id
Kue Lihat Resep
Nastar Simple Pasti Lumer

Nastar Simple Pasti Lumer

Resep Nastar simple pasti lumer. Hari H lebaraaannn gak kemana mana, ya udah bikin nastar aja, gak perlu yang repot panggang 2x gak perlu repot berulang oles, dijamin anti gagal, pasti lumer
Kue Lihat Resep
Homemade Pizza Sauce

Homemade Pizza Sauce

Resep Homemade pizza sauce. Udh dr minggu lalu bikin adonan pizza, tapi buat saus nya pengen yg bikin sendiri kayaknya bakal lebih enak, karena kalau pake saus spaghetti menurut ku masih kurang medhok gitu rasa pizzanya, alhasil coba cari cari, aku dapet resep dr joyfood sunshine di gugel, tapi karena aku ga punya crushed tomato kaleng, aku ganti jadi tomat yg diblender biar lebih fresh. menurut ku ini enak banget dan tomatnya kerasa pas kalau udh di oles pizza 🤤 yukk dicoba
Kue Lihat Resep
Choco Cappucino Bread Pudding

Choco Cappucino Bread Pudding

Resep Choco Cappucino Bread Pudding. Happy weekend ❤ Weekend tiba saatnya berkreasi menu menu baru untuk si bocah . Recook resep dari mbak Thia Lovelychef By TieDQ pas punya banyak sisa pinggiran roti tawar Versi aslinya dipanggang sementara resep ini saya kukus, hasilnya legit karena komposisi telur dan gula pasti jadi 'ngaramel' rasanya Disini saya bikin setengah resep dan menggunakan cup aluminium, bisa gunakan wadah tahan panas lain dan disesuaikan dengan rencana penyajianya Yuk dicobain, gampang bikinnya, segampang ngabisinnya 😁 . . Resep asli bisa diliat disini https://cookpad.com/id/resep/13571748-bread-pudding-cappuccino?invite_token=jcGvjTsx9cQq8nFkiQpb9aNw&shared_at=1602282415 . . #WeekendChallenge #AdaApaCi #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Denpasar #CookpadCommunity_Bali
Kue Lihat Resep
Kolak Pisang Ubi Ungu

Kolak Pisang Ubi Ungu

Resep Kolak pisang ubi ungu. Masih menu untuk berbuka puasa
Kue Lihat Resep
Kue Apem Jawa Empuk Gak Seret

Kue Apem Jawa Empuk Gak Seret

Resep Kue Apem Jawa Empuk & Gak Seret. Lagi gak musim kenduri tp pengen bikin kue apem....jadi di bikinlah ini 1 resep utk di makan serumah.... Ini aq bikin tanpa tape ya...karna pas gak ada bakul...jd pakai bahan seadanya aja...
Kue Lihat Resep