Foto ResepWoku Ikan Tenggiri

Woku Ikan Tenggiri

Ikan

Resep Woku Ikan Tenggiri yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Woku Ikan Tenggiri terdiri dari 22 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Woku Ikan Tenggiri ini pun mudah, hanya dengan 6 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Woku ikan tenggiri. Pertama kali mencicip woku ikan,ketika saya sedang bertugas di daerah Luwuk (Sulawesi) tahun 2009. Dan saya jatuh cinta pada makanan ini sejak suapan pertama. Sejak saat itu, woku selalu menjadi santapan favorit saya untuk olahan ikan laut. Ini versi saya, bagaimana versi mu??

BAHAN-BAHAN

  • 1 ekor ikan tenggiri (kurleb 500 gr)
  • 2 ikat besar kemangi (siangi,cuci)
  • 1 buah tomat agak hijau (potong agak besar)
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 batang bawang daun (iris 1.5 cm)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk (sobek)
  • 1 batang serai (geprek)
  • 2 iris lengkuas
  • 2 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 5 sdm minyak sayur
  • 600 ml air panas
  • 5 buah cabe keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1.5 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica
  • 1.5 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu bubuk (ayam/jamur/sapi)

CARA MEMASAK

  • Potong ikan tenggiri menjadi 5 potong,cuci bersih,beri 1/2 buah air jeruk nipis dan 1/2 sdt garam,balur merata. Sisihkan.
    Cara Membuat Woku Ikan Tenggiri
  • Haluskan semua bumbu halus. Saya dengan chopper.
    Cara Membuat Woku Ikan Tenggiri
  • Siapkan semua bahan pelengkap.
    Cara Membuat Woku Ikan Tenggiri Cara Membuat Woku Ikan Tenggiri
  • Panaskan wajan dengan minyak,tumis bumbu halus bersama daun salam,daun jeruk,serai dan lengkuas hingga bau langu hilang.
  • Siram tumisan bumbu dengan air panas,birkan mendidih,kemudian masukan ikan.
  • Setelah ikan matang, masukan tomat, bawang daun dan cabe rawit. Masak hingga bawang daun agak layu. Kemudian masukan kemangi dan air jeruk nipis. Cek rasa. Selesai!

ANEKA RESEP TERBARU

Jajan Bali Woku Ikan Tenggiri Muffin Coklat Kukus Cincau Soto Iga Sapi Bening Panna Cotta Vanilla Bacem Daging Sapi Puding Oreo Instan Ayam Fried Chicken Gambar Woku Ikan Tenggiri Soba Oreo Dessert Box

RESEP Ikan MENARIK LAINNYA

Ikan Layang Bumbu Kuning

Ikan Layang Bumbu Kuning

Resep Ikan layang bumbu kuning. Belum sempat kepasar, alhamdulillah masih ada yang bisa dimasak.. Tgl merah hari besar itu sangat kwatir kepasar takut bahan bahan naik harganya hahaa Buka kulkas masih ada serba sedikit bahan jadilah masakan ini, lumayan juga ya bisa makan untuk 2x makan porsi 2 orang hehe.. Kalau beli kan bisa 60rban #kalkulatoremakemak wkkw #Cookpadcommunity #CookpadCommunity_Samarinda #CookpadCommunity_id_Borneo #WanilahMeolah #HomeAlone #Rennym_ikan
Ikan Lihat Resep
Pempek Dos Tanpa Ikan

Pempek Dos Tanpa Ikan

Resep Pempek dos tanpa ikan.
Ikan Lihat Resep
Ikan Gurame Salted Egg Telur Asin

Ikan Gurame Salted Egg Telur Asin

Resep Ikan Gurame Salted Egg/Telur Asin. Pakai butter yah untuk hasil lebih enak. Jika tidak ada boleh pakai margarin. Takaran garam dkk disesuaikan masing2 yah karena butter ada yg salted dan unsalted. Ini makanan kolesterol tinggi, jangan makan sering2. Ikannya digoreng, butter, kuning telur, wow lemak semua ini. Banyak lemak emg rasa ga pernah boong, enak banget ini. Video lengkap di channel "dr. Apriyani Tan" https://youtu.be/wYuOv7PLis8
Ikan Lihat Resep
Siomai Teri Asin Abang2

Siomai Teri Asin Abang2

Resep Siomai teri asin abang2. Hampir tiap sore tukang siomai lewat dan tiap sore itu pula bocil pada beli. Siang2 udah minta siomai nunggu abangnya lwt masih sore ya udah search di cookpad ajah nemu deh resep siomai ikan teri yg menurut saya lebih enak dr abang2, yg bikin seneng para bocil doyan semua, mksh mb @non tya
Ikan Lihat Resep
Pepes Kilat Ikan Nila Bungkus Daun Nasi Jagung

Pepes Kilat Ikan Nila Bungkus Daun Nasi Jagung

Resep Pepes kilat ikan nila bungkus daun nasi jagung. Ini pepes kilat mudah sekali dibuat dan cepat, rasanya tetap enak
Ikan Lihat Resep
Bakso Ikan Sambal Hijau Ala Dimas Ahmad

Bakso Ikan Sambal Hijau Ala Dimas Ahmad

Resep BAKSO IKAN SAMBAL HIJAU ala dimas ahmad. •••Kangen kampung halaman yang super duinginnnn... kangen kulineran... efek 1,5 tahun nggak mudik sama sekali. Apalagi sekarang lagi musim hujan, kalau pas lagi terasa dingin jadi makin kangen kampung. Yuklah masak yg simple hangat2 yg bisa mewakili kekangenan... bikin bakso ikan ala2 dimas ahmad adik ketemu gedenya raffi ahmad. Secara bakso viral yg antrinya panjang banget ini bikin penasaran rasanya. Setelah liat video dimas praktekin bikinnya, yuk mari bikin ala dapurVY yg sudah disesuaikan selera. Berharap juga jika ntar mudik bikin ini buat ibu pasti beliau mau karena beliau kurang suka bakso daging... so disini mba vy bikin bakso ikannya 2 versi yaa, yg ekonomis dan yg terasa banget ikannya, pastinya yg buat ibu yg spesial dong ya... Masyaa Allah segerrr banget pokoknya kuah baksonya, apalagi dikasih sambel rawit hijau... endulll mantullll Semoga bisa menginspirasi sahabat cookpad semua Happy cooking... salam simply tasty dari dapurVY #dapurvy #simplytasty #PejuangGoldenApron3 #mingguke29 #GA3_vy29 #MasakanUntukIbu _17.12.2020_
Ikan Lihat Resep