Foto ResepAyam Masak Opor Pedas

Ayam Masak Opor Pedas

Daging

Resep Ayam Masak Opor Pedas yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Ayam Masak Opor Pedas terdiri dari 22 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Ayam Masak Opor Pedas ini pun mudah, hanya dengan 4 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Ayam Masak Opor Pedas. Aku tuh sering kalo pas lagi masak bahan udah disiapin, tiba2 belok arah...berubah dr rencana semula. Kayak masak ayam ini...semula mau masak opor...eh tiba2 mak tuiing...dicabein aja ah...😅 Btw aku kan doyan pedas, kalo mkn gak ada cabenya rasanya kurang greget... Paksu begitu lihat hasil masakanku...lho...bukannya tadi mau masak opor? Iya...tp opornya kelunturan cabe...🤣 #PejuangGoldenApron2 #WeekendChallenge

BAHAN-BAHAN

  • 1/2 ekor ayam kampung + kepalanya
  • 3 btr telur rebus
  • 1 papan tempe, potong2
  • 5 bh cabe merah keriting
  • 7 bh cabe rawit merah
  • 15 bh cabe rawit, utuhkan
  • 7 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Sepotong kunyit
  • 1 sdm ketumbar butiran
  • 3 btr kemiri
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula merah/gula pasir
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Sepotong lengkuas, geprek
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 btg serai, geprek
  • 1 gelas air kaldu ayam
  • 2 gelas santan cair
  • 1 gelas santan kental
  • Minyak goreng untuk menumis

CARA MEMASAK

  • Siapkan semua bahan. Rebus ayam dgn air smp ayam empuk, sisihkan ayam & kaldunya.
    Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas
  • Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit (7 bh), bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, dan sedikit garam.
    Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas
  • Tumis bumbu halus dgn daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas smp berbau harum dan bumbu matang. Masukkan cabe rawit utuh, tunggu layu kmd masukkan potongan tempe, aduk rata smp tempe tdk berbau langu (bhs Jawa= dialup-alupi). Masukkan ayam yg telah direbus. Aduk rata, beri air kaldu dr rebusan ayam tadi. Tunggu kira2 smp bumbu meresap ke ayam. Tambahkan santan cair, telur rebus, gula, dan kaldu bubuk. Tutup wajan smp bumbu benar2 meresap.
    Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas
  • Jika bumbu sdh meresap ke dlm daging ayam, telur, dan tempe, masukkan santan kental, koreksi rasanya, jk kurang garam bisa ditambah. Masak smp mendidih sambil sesekali diaduk spy santan tdk pecah. Matikan kompor, siap disajikan.
    Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas Cara Membuat Ayam Masak Opor Pedas

ANEKA RESEP TERBARU

Bongko Dadar Gulung Enak Koloke Ayam Asam Manis Enak Cara Masak Opor Ayam Kuning Pedas Daging Lapis Bumbu Kecap Cara Masak Opor Ayam Merah Pedas Tengkleng Soto Bandung Lobak Pepes Ikan Nila Bumbu Kuning Donat Mokko Factory Masak Ayam Opor Pedas Mie Pangsit Chinese Fuyunghai Chinese Food

RESEP Daging MENARIK LAINNYA

Minyak Ayam

Minyak Ayam

Resep Minyak Ayam. Source : Chef Devina Hermawan (youtube) #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya
Daging Lihat Resep
Bakso Daging Sapi

Bakso Daging Sapi

Resep Bakso Daging Sapi. Idhul adha pasti banyak daging nih di rumah , hehehe yuk buat bakso rumahan yg enk kenyal lembut anti gagal 😍😍🤤 #PejuangGoldenApron3 #Cookpaders #CookpadersComunityIndonesia #CABEKU #DiRumahaAja #MasakSantuy #BaksoSolo #BaksoSapi
Daging Lihat Resep
Ayam Masak Kelapa Serundeng Ayam

Ayam Masak Kelapa Serundeng Ayam

Resep Ayam Masak Kelapa (serundeng ayam). lauk simpel tapi wenaakk.. #cookpadcommunity_depok #TemanDepok #PejuangGoldenApron3
Daging Lihat Resep
Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Resep Ayam Bakar Taliwang. Source : @susan_gracia #CookpadCommunity_Surabaya
Daging Lihat Resep
Ayam Saus Tiram

Ayam Saus Tiram

Resep Ayam Saus Tiram. Alhamdulillah malam ini bisa masak setelah beberapa hari dapet nasi kotak 😄 sekalian ikut tantangan #WeekendChallenge olahan ayam abisnya mamah Cookpad nge DM terus..resep ini aku buat untuk hidangan makan malam no ribet2 bawang2 sudah dikupas tinggal cusss ajah kedapur ...oseng2 sebentar jadi deh... cekrak cekrek cusss langsung kita apload 😅Selamat makan malam kesayangan kuu... #cokkpadcommunity_borneo #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity_samarinda
Daging Lihat Resep
443.Kari Daging Sapi

443.Kari Daging Sapi

Resep 443.kari daging sapi. #ramadanpenuhidemasakan #FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja #MasakItuSaya
Daging Lihat Resep