Foto ResepSup Brenebon

Sup Brenebon

Berkuah

Resep Sup Brenebon yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Sup Brenebon terdiri dari 17 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Sup Brenebon ini pun mudah, hanya dengan 4 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Sup Brenebon. Sebagai obat rindu dengan emak, pak suami minta dimasakin sup Brenebon. Katanya dulu ini salah satu menu favorit, dan aku nyoba masak untuk pertama kalinya. Hasilnya.. ๐Ÿ˜ enak tidak mengecewakan ๐Ÿ˜Š Source : Susilestaa

BAHAN-BAHAN

  • 250 gr daging sapi (potong kecil)
  • 150 gr kacang merah (rendam semalam)
  • 2 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 1 batang daun bawang (potong-potong)
  • Bumbu Halus
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 butir pala
  • Bumbu Cemplung
  • 1 jempol jahe (geprek)
  • 6 butir cengkeh
  • Kayu manis
  • Bahan lain
  • Garam, gula, lada, penyedap rasa
  • Margarin untuk menumis
  • Air untuk merebus

CARA MEMASAK

  • Siapkan seluruh bahan, cuci bersih, lalu ikuti instruksi dibagian bahan.. kemudian langkah pertama adalah merebus kacang merah yg sudah direndam semalaman, dgn daging, dan rempah2: jahe, cengkeh, kayu manis. Rebus sampai agak empuk (sy: sekitar 15 menit).. jika ada kotoran daging, di ambil dan buang saja.
    Cara Membuat Sup Brenebon
  • Disisi lain, tumis seluruh bahan bumbu halus dengan sedikit margarine.. tumis sampai harum dan matang. Kemudian masukkan kedalam rebusan daging dan kacang merah yang sudah agak empuk.. masak lagi sampai daging dan kacang merah empuk.. (sekitar 15 menit sejak bumbu dimasukkan). jika sudah empuk masukkan wortel, kentang, beri garam, gula, lada, kaldu jamur/ penyedap. Cicipi rasa.. masak lagi sampai wortel dan kentang empuk (sekitar 10 menit sejak wortel dan kentang dimasukkan).
    Cara Membuat Sup Brenebon Cara Membuat Sup Brenebon Cara Membuat Sup Brenebon
  • Jika semua sudah empuk, masukkan daun bawang, tutup panci, masak sebentar lalu matikan kompor.. biarkan selama 15-20 menit dalam kondisi panci tertutup/ tdk dibuka. Baru dapat dihidangkan. Voilaaaaaa jadi deh sup kacang merahnya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ enakkkk
    Cara Membuat Sup Brenebon Cara Membuat Sup Brenebon
  • Tips: 1) Rempah dimasukkan diawal membantu daging cepet empuk 2) Jika sudah matang tutup panci jangan dibuka, tetap tutup 15-20mnt baru dihidangkan (krna meskipun kompor mati, proses pematangan dgn panas tetap berjalan, shg daging lebih empuk lagi dan bumbu lebih nyerap) 3) kacang merah rendam dulu semaleman 4) total masak saya sekitar 40 menit kompor menyala, 20 menit kompor mati. Dan hasilnya seluruh bahan uempukk ๐Ÿ‘๐Ÿป selamat mencobaa๐Ÿ™
    Cara Membuat Sup Brenebon Cara Membuat Sup Brenebon

ANEKA RESEP TERBARU

Bubur Jagung Manis Sup Brenebon Tulang Sapi Sup Brenebon Adalah Sup Brenebon Martabak Lumpia Ayam Goreng 1 Ekor Sup Brenebon Kental Sup Brenebon Jtt Bumbu Ireng Madura Sup Brenebon Manado Risol Bihun Kulit Lumpia Sup Brenebon Ayam Sup Kfc Kue Tepung Beras Isi Gula Merah Daging Toppalada Sup Brenebon Sapi Sup Brenebon Belanda Bolu Sakura Ekonomis Sup Brenebon Tanpa Daging Olahan Ayam Berkuah

RESEP Berkuah MENARIK LAINNYA

Oseng Buncis Baso

Oseng Buncis Baso

Resep Oseng Buncis Baso. Masak simple aja hari ini mah ๐Ÿฅฐ
Berkuah Lihat Resep
Bakso Bakar Teriyaki

Bakso Bakar Teriyaki

Resep Bakso Bakar teriyaki. Si bunder ini siapa yang ga suka. Anak anak pasti pada suka. Kemarin bikin bakso bakar... eehhh temyata anak anak suka. Ga bertahan lama di piring , tau tau dah bersih aja itu piring...๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ #SiKecilSukaNgemil #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa
Berkuah Lihat Resep
Bubur Khas Banten

Bubur Khas Banten

Resep Bubur khas Banten. #KangenKampung Mirip sih kayak bubur sumsum biasa, hanya pengolahannya saja beda. Sekilas juga hampir mirip dengan kolak biji salak, yah namanya juga satu nenek moyang dari Sabang sampai Papua, nyaris2 sama olahan masakan khas daerahnya. Dan yang saya tau, alm. Ibu saya kalau bikin masakan ini selalu bilangnya bubur khas banten. #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok
Berkuah Lihat Resep
Pokcoy Tumis Bakso

Pokcoy Tumis Bakso

Resep Pokcoy tumis bakso. Ikutan posbar lagi nih, hanya ada pokcoy di kulkas temennya wortel dan bakso, wislah...๐Ÿ’Œdibungkus we... #PekanPosbarSawi #sukamakansayur #sayursumbervitamin #jagakesehatanmasapandemi
Berkuah Lihat Resep
Sup Tomat-Telur

Sup Tomat-Telur

Resep Sup Tomat-Telur. Masak yang gampang buat makan malam. #GA_TheNextLevel #Cookpadcommunity_PangkalanBun #Cookpadcommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Borneo
Berkuah Lihat Resep
Sup Kimlo Jamur Kuping

Sup Kimlo Jamur Kuping

Resep Sup Kimlo jamur kuping. Source : Nurina sari Kali ini Duohero_jakarta saya berpasangan dengan bunda nurina sari. Kebetulan di rumah suka banget aneka masakan yang bening. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Jakarta #DuoHero_jakarta #OlahanSupAyamJamur_NurinaSari #OlahanSupKimloKupingJamur #cookpadIndonesia
Berkuah Lihat Resep