Foto ResepSup Brenebon Iga Sapi

Sup Brenebon Iga Sapi

Daging

Resep Sup Brenebon Iga Sapi yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Sup Brenebon Iga Sapi terdiri dari 16 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Sup Brenebon Iga Sapi ini pun mudah, hanya dengan 3 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Sup Brenebon Iga Sapi. Masakan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Nama "brenebon" merupakan pengucapan lokal Manado yang berasal dari Bahasa Belanda, yaitu bruine bonen; bruine berarti "warna coklat", sementara bonen berarti "kacang", maka bruine bonen berarti "kacang merah". (Wikipedia). Sup ini menggunakan daging sapi iga sebagai tambahan dari bahan dasar nya yaitu kacang merah...By the way dari zaman sy masih anak kecil mulai nenek sampai ibu saya suka bikin sup ini, disebut nya Sup daging kacang merah = sup brenebon😆 artinya gak di Manado saja terkenal nya yaa mungkin di semua tempat bekas jajahan Belanda ada resep ini cuma beda-beda namanya saja☺ Sup ini enaaaak banget disajikan selagi panas...mantaaap👍👍👍 Source : Resep Masakan Enak #PejuangGoldenApron3 #Minggu29 #CookpadCommunity_Bandung #MasakSederhanaHasilLuarbiasa

BAHAN-BAHAN

  • 250 gr kacang merah
  • 250 gr daging iga sapi
  • 1 wortel diiris (sy skip)
  • 5 bh cengkeh (sy skip)
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 2/3 sdt garam /sesuai selera
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 btg seledri diiris (sy skip gak ada stok)
  • 3 btg Daun bawang diiris
  • 1 tomat diiris kotak
  • Bawang goreng secukup nya
  • Bahan dihaluskan :
  • 8 bawang merah
  • 3 siung bawang putih

CARA MEMASAK

  • Daging iga cuci bersih dipotong-potong sesuai selera. Didihkan air kurleb 1,5 liter masukan pala, merica, cengkeh dan daging nya lalu rebus saampai air tinggal 1/2 nya. Buang lemak-lemak/kotoran yang mengapung dipermukaan.
    Cara Membuat Sup Brenebon Iga Sapi
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum lalu masukan dalam panci dan kacang merah nya. Tambahkan gula pasir dan garam. Biarkan sampai kacang nya empuk.
    Cara Membuat Sup Brenebon Iga Sapi
  • Masukan kacang merah nya, beri kaldu bubuk (opsional). Setelah kacang empuk masukan irisan tomat, daun bawang dan sledri. Aduk sebentar cek rasa dan sajikan.
    Cara Membuat Sup Brenebon Iga Sapi

ANEKA RESEP TERBARU

Nastar Premium Lumer Bihun Kuah Jawa Ampela Balado Saksang Ladu Ketan Brownies Pelangi Katiri Sala Timus Singkong Scramble Egg Cookie Dough

RESEP Daging MENARIK LAINNYA

Nugget Tempe Ayam Ekonomis

Nugget Tempe Ayam Ekonomis

Resep Nugget Tempe Ayam Ekonomis 😘. Punya tempe setengah papan. Penasaran sama nugget tempe, kayaknya enak. Coba deh saya eksekusi. Tadi yang setengah sudah digoreng tepung. Enak juga, kata Paksu tempenya nggak berasa. Jadilah di kulkas punya stok nugget tempe n nugget ayam. Dari pandemi udah nggak beli nugget, cuma 1-2x sisanya bikin terus. Yang jelas lebih sehat,n lebih bersih, lebih ekonomis juga. Pokoknya mantull kalo bikin sendiri 😍. #CABEKU #AyamInLopWitYu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunityTangerang #IdeBisnis #UsahaModalKecil #NuggetTempe #DiRumahAja
Daging Lihat Resep
Pek Cam Ke Ayam Kampung

Pek Cam Ke Ayam Kampung

Resep Pek Cam Ke ayam kampung🥡. Masakan andalan mama mertua kl anak2ny g enak body,krn bagi mama kandungan bawang putih sangat bagus dibandingkan obat2an..krn anaknya mama sedang g enak body,yaitu suami sy☺️jdi bebikin andalan mama deh,miss u mam..1 kali proses pemasakan ini sisa kaldunya bisa untuk nasi hainan & kuah sup sbg penghangat tubuh kl sedang g enak body..
Daging Lihat Resep
Steak Ayam Crispy Dengan Saus Barbeque Homemade

Steak Ayam Crispy Dengan Saus Barbeque Homemade

Resep Steak Ayam Crispy dengan Saus Barbeque Homemade. Source: Fitri Sasmaya Alhamdulillah... yeaayyy... sampe juga di resep ke 500 di Cookpad🤗. Ikutan #BelanjaIdeDiPasarCookpad. Saya pilih bahan dasar fillet ayam dan saya pakai bagian dada tanpa kulit plus sayuran, seperti kentang, wortel dan jagung. Karena bahan bahan tersebut tinggi akan protein,mengurangi kolesterol tinggi, menstabilkan berat badan dan juga sebagi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kali ini saya bikin steak ayam crispy dengan saus Barbeque homemade dari resepnya mba Fitri Sasmaya. Mumpung didapur semua bahan ada, langsung aja di buat. Alhamdulillah.. rasanya lezaat😍. Oiya... saran mba FitSas, untuk saus Barbeque sebaiknya memakai gula merah yang berwarna gelap dan jangan di skip pemakaian asam jawanya ya bun, supaya warnanya lebih hitam dan punya rasa asam segar mirip saus Barbeque kemasan. Disini gula merah saya warnanya kurang gelap, jadi sausnya cenderung berwarna coklat muda😄. Tapi rasanya sudah mirip dengan saus Barbeque. Cus bikin yuk bun. #sutilcookpad #GA_TheNextLevel #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan #cookpadcommunity_balikpapan #cookpadcommunity_borneo #cookpadindonesia @cookpad_id @cookpadcommunity_id_borneo
Daging Lihat Resep
Smoke Beef Cheese Focaccia - No Knead

Smoke Beef Cheese Focaccia - No Knead

Resep Smoke Beef Cheese Focaccia - No Knead. Snack tipis bubbly ini jadi favorit baru dirumah, rasanya tu enak ga biasa, asin gurih ada bau fresh sournyaaa🤤🤤🤤kali ini saya kasi keju parut sama smoked beef trus dikasi parmesan...wihhh nagih, cepet banget habisnya😍🤤
Daging Lihat Resep
Resep Tongseng Daging Sapi

Resep Tongseng Daging Sapi

Resep Resep Tongseng Daging Sapi. Yuk silahkan di coba, kebetulan masih momen lebaran idul adha 😊
Daging Lihat Resep
Ayam Suwir Pedas

Ayam Suwir Pedas

Resep Ayam Suwir Pedas. Home alone... 😂 jadinya masak yang simpel aja, ada lauknya ada sayurnya 😋
Daging Lihat Resep