Foto ResepKetan Serundeng Ebi

Ketan Serundeng Ebi

Kue

Resep Ketan Serundeng Ebi yang enak, lezat dan nikmat serta mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuat Ketan Serundeng Ebi terdiri dari 14 bahan yang mudah didapatkan dan dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat. Cara membuat Ketan Serundeng Ebi ini pun mudah, hanya dengan 4 langkah simple yang bisa dilakukan oleh siapapun. Resep Ketan Serundeng Ebi. Pertama kali makan di Cirebon, kok beda sama yang biasa mamaku buat dirumah ternyata rahasianya pakai ebi yang buat lebih gurih #Cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenApron2 #TiketMasukGoldenApron3 #Indonesianfood

BAHAN-BAHAN

  • 250 gr beras ketan putih
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 220 ml santan
  • 1/2 butir/ 150 gr kelapa parut
  • 3-4 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdm minyak
  • Secukupnya garam, gula
  • 4-5 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdt ebi sangrai
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 cabe merah besar buang biji

CARA MEMASAK

  • Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga matang, karena bumbu saya blender jadi masak sampai air kering, masukan parutan kelapa dan garam sangrai dengan api kecil aduk terus supaya tidak gosong.
    Cara Membuat Ketan Serundeng Ebi Cara Membuat Ketan Serundeng Ebi
  • Setelah kecoklatan, dinginkan, kemudian blender dengan bawang goreng, gula. Koreksi rasa.
    Cara Membuat Ketan Serundeng Ebi
  • Cuci bersih ketan, rendam dengan air bersih selama 6 jam. Tiriskan, kukus sampai ketan berubah menjadi transparan dan matang. Masak santan, gula, garam, daun pandan hingga mendidih. Aduk santan dan ketan hingga rata, masih kelihatan berair, tutup diamkan selama 20 menit bisa dilihat cairan sudah menyatu dengan ketan, aduk kembali. Karena saya makan untuk besok pagi, tinggal dipanasin saja dengan kukusan.
    Cara Membuat Ketan Serundeng Ebi
  • Setelah agak dingin, basahkan tangan, buatkan ketan kecil2 (ukuran 1x masuk mulut), gulingkan ke bumbu serundeng, siap disajikan
    Cara Membuat Ketan Serundeng Ebi

ANEKA RESEP TERBARU

Bumbu Barbeque Sop Ayam Banjar Kari Telur Tahu Klepon Tepung Ketan Kacang Thailand Tepung Terigu Tahu Nyol Nyol Ayam Semur Jawa Resep Ketan Serundeng Ebi Bumbu Kare Ayam Kue Sus Isi Vla Vanila Bubur Sengkolo Ketan Serundeng Ebi

RESEP Kue MENARIK LAINNYA

Bingka Waluh Labu

Bingka Waluh Labu

Resep Bingka waluh/Labu. Yeyyy, WeekendChallenge dengan tema olahan aneka jenis Labu😀kali ini ,aku membuat kue yang memang sudah 2 hari sebelum adanya surat cinta dari mamah cookpad aq udah mau bikin, nah.... kebetulan tadi pagi labu disamping rumah udah bisa dipanen,dan jdi deh bebingkaan😀 #BerlabuPadamu #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Borneo
Kue Lihat Resep
Tumis Jambal Roti

Tumis Jambal Roti

Resep Tumis Jambal Roti. Klo mulut dah ngerasa ga enak makan ini itu, menu satu ini bisa jadi andalan dah. Ga percaya?? Coba aja...😁 Sendok nasi anget-anget, ambil jambal lalu nikmati sensasinya... Dijamin pengen nambah teruuusss...😋
Kue Lihat Resep
Selai Coklat Oatmeal Homemade

Selai Coklat Oatmeal Homemade

Resep Selai Coklat Oatmeal Homemade. Ada sisa oatmeal blender yg kasar,kok sayangau di buang.krn sisa ayakan. Akhirnya pas ngelihat selai coklat buat isian roti habis.akhirnya eksekusi buat selai coklat, action nya sih kayak buat selai nuttela😂😀 meski gak di campur dengan kacang blender sangrai atau kacang mede. Hasilnya kasar selainya tidak halus karena ada oatmeal nya. Tapi rasa coklat dan manis nya pas. Sengaja sy buat agak kental banget karena memang khusus untuk isian roti. #KembalinyaGemesBund #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati
Kue Lihat Resep
Donat Tanpa Ulen Unti Kelapa

Donat Tanpa Ulen Unti Kelapa

Resep Donat tanpa ulen unti kelapa. Yeaaay...balik lagi. Ikut nyemarakan tema x ini ya...recook punya nya mba yg ada di Australia sana. Siapa lagi kalau bukan mba Fitri sasmaya.. Yeay... Donat ini sebenarnya sudah pernah ada di akun Cookpad saya. Saya udah pernah buat luama banget. Emang ini donat paling praktis. Tanpa perlu kita ulen ulen. Ini sebelumnya di adopsi dari resep nya cik 'lyli kitchen.. saya aja Ampe ketagihan Ama resep ini. Kali ini saya isi dengan inti kelapa yg kebetulan masih ada sisa dr hasil berbuat kemaren😁. Oke langsung aja ya ke resep #CookpadCommunity_Semarang #SemangcookRecook_FitriSasmaya
Kue Lihat Resep
Roti Tawar Jerapah

Roti Tawar Jerapah

Resep Roti Tawar Jerapah. Kalau disuruh pilih kue atau roti, keluarga saya akan langsung pilih roti. Karena memang kami lebih suka roti ketimbang kue 😁. Kalau di rumah ada kue, awweet banget, kecuali brownies, masih mending, kami masih lumayan suka. Alhasil, saya jarang banget bebikinan kue, ketimbang ngga disentuh, nanti malah kecewa 🤭 Akhir-akhir ini saya lagi seneng mengulik beberapa resep roti supaya bisa bikin roti sendiri untuk keluarga. Nah, kali ini saya coba membuat roti tawar motif jerapah. Saat resep Mba Fany (Dapur Mamiko) ini melintas di beranda, saya langsung tertarik, auto cookmark. Karena tidak punya stok susu cair, saya coba modifikasi dengan susu bubuk yang dilarutkan. Berhubung ternyata stok coklat bubuk tinggal 8 gram, kekurangannya saya tambahi dengan milo bubuk. Loyang yang saya pakai ukurannya lebih mungil ketimbang punya Mba Fany, jadi hanya bisa diisi 4 potong adonan roti. Walaupun hasilnya belum semulus dan secantik punya Mba Fany tapi tidak apa-apa, ini jadi pengalaman belajar untuk saya. Setidaknya saya sudah mencoba ☺️. Kunci dalam membuat roti memang harus sabar dan telaten. Selain itu, menurut saya, jam terbang dalam per-bakingan juga pasti berpengaruh ke hasil. Lain kali, saya akan mencoba membuat roti tawar motif jerapah lagi, semoga hasilnya lebih cantik 😁 Source: Fany (Dapur Mamiko) https://cookpad.com/id/resep/13516531-roti-tawar-jerapah?invite_token=BNvRLCWR2HEfHWHu3NGNjRCm&shared_at=1617254496 #PejuangGoldenApron3 #ComboAnjangsana_Solo #CookpadCommunity_Bogor
Kue Lihat Resep
Kue Kacang No Mixer

Kue Kacang No Mixer

Resep Kue Kacang (no mixer). Salah satu kuker favorit anak2 iniii :)) buatnya pun gampang ga perlu pake mixer, cuma modal lengan yg kuat untuk nguleni..hihihi..yuuk cuss dicoba resepnyaa lumayan, bisa buat tambahan kue di hari lebaran nanti :) #SiapRamadan #SayangAnak #JemputRejeki
Kue Lihat Resep